Koramil 402-10/Kayuagung Bersama Aparatur Kelurahan Paku Bangkitkan Tradisi Gotong-royong Melalui ‘Operasi Jumat Bersih’

148

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Bangun kebersamaan sekaligus melestarikan budaya gotong-royong, Koramil 402-10/Kayuagung bersama aparatur Kelurahan Paku Kabupaten Ogan Komering Ilir melaksanakan pembersihan serentak dengan menyasar seputaran Jalan Kolonel Muhammad Nuh Macan hingga menyusuri Kelurahan Mangun Jaya hingga-Kelurahan Paku-Sukadana, Jumat (1/2/2019) pagi.

Meski kegiatan pembinaan teritorial ini sempat diguyur hujan, namun tidak menyurutkan semangat masyarakat setempat bersama anggota babinsa, staf kelurahan, dan sejumlah petugas Dinas Kebersihan, mahasiswa kuliah kerja lapangan dari Universitas PGRI Palembang, dan siswa/i SMA Negeri 1 Kayuagung berkerja secara keroyokan membersihkan lingkungan.

“Kegiatan gotong-royong ini berjalan sebagai upaya aparat teritorial mendekatkan diri dengan segenap lapisan masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat,” terang Danramil Kapten Inf. Indro Saswanto didampingi Lurah Paku Abu Naim Edwin.

Menurut Danramil, kegiatan bersih lingkungan bersama ini, selain membiasakan diri mengerjakan bersama sekaligus menciptakan lingkungan bersih dan sehat, termasuk pencegahan wabah demam berdarah dengue (DBD) yang kerap datang, terutama di musim pancaroba seperti sekarang ini.

“Sekarang tinggal lagi kemauan, dan tekad bersama wujudkan lingkungan bersih, disamping giat ini sendiri juga difokuskan memusnahkan jentik nyamuk yang sering terdapat dalam genangan air pada saluran got maupun botol plastik lainnya,” jelasnya.

Sinergitas kemanunggalan TNI dan masyarakat sejalan dengan pemikiran Lurah Paku. Menurutnya, operasi Jumat bersih ini berdampak pada terpeliharanya hubungan baik berbarengan dengan terciptanya lingkungan bersih sehat.

“Sasaran pekan ini, babinsa bersama masyarakat bergotong-royong membersihkan bantaran jalan dan drainase yang sudah semak ditumbuhi rumput liar. Drainase bersih dari sampah, maka air dapat lancar mengalir sehingga tidak terjadi penyumbatan. Selain air lancar, lingkungan jalan lintas juga indah terlihat,” tuntasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda