Kopi Cap Bola Dunia Mas Binaan BSN Kota Palembang Dapatkan Sertifikat Halal dari MUI

0

PALEMBANG, BERITAANDA – Lahat merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Selatan, memiliki luas 5,311.74 KM. Selain terkenal sebagai negeri 1001 megalit, Kabupaten Lahat juga terkenal sebagai penghasil kopi sekitar 20 ribu ton pertahun.

Salah satu produsen kopi bubuk dari Lahat adalah Kopi Cap Bola Dunia Emas yang dikelola oleh CV. Bola Dunia berlokasi di Jalan Karang Anyar (Belakang Vihara Padmasari) Desa Karang Anyar Kecamatan Lahat yang dirintis dari tahun 1980, merupakan salah satu UMKM yang dibina oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) melalui kantor perwakilannya di Palembang telah mendapatkan sertifikat halal.

Rico Subianto selaku pemilik Kopi Cap Bola Dunia Emas mengatakan, ini merupakan usaha keluarga yang dikelola dari sejak tahun 1980-an.

“Saya merupakan generasi ke-3 yang mengelola usaha Kopi Cap Bola Dunia Mas. Pada 2003 penghasilan kapasitas produski 20 -100 kilo per hari di tahun 2010, sampai 2017 kapasitas produksi 450 kilogram per hari. Setelah dibina oleh BSN pada 18 Januari 2018 kapasitas produksi 700 kilogram per hari,” jelas dia.

“Selama ini saya rasa sudah bersih cara pengeloaan kopinya, mulai dari awal sampai akhir menjadi kemasan. Ternyata setelah dilihat oleh pihak BSN Kota Palembang, semua itu belum maksimal. Maka dari itu BSN Kota Palembang membina kami bagaimana menghasilkan produk yang berkualitas, mulai dari kebersihan pabrik, pengelolaan dan kesehatan karyawan,” ujarnya, Jumat (13/7/2018).

Dilanjutkan Rico, dengan dikeluarkan sertifikat halal MUI ini, ia sangat senang. Sehingga para konsumen Kopi Cap Bola Dunia Mas merasa yakin tentang kualitas produk kopinya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak BSN Kota Palembang yang telah membina CV. Bola Dunia yang membuat produksi Kopi Cap Bola Dunia Mas. Selain mengutamakan kualitas, kami juga menerapkan nilai hubungan saling menguntungkan, baik kepada karyawan dan terutama kepada pemasok biji kopi, yaitu para petani kopi dari Tunggul Bute, Gumay Ulu, Jarai dan Semende. Kami beli biji kopi petani dengan harga layak jika sesuai dengan standar kami,” terang Rico Subianto.

Sementara itu Kepala Badan Standardisasi Nasional ( BSN) Kota Palembang Haryanto menjelaskan, CV. Bola Mas yang mengeluarkan produk Kopi Cap Bola Dunia Mas ini dibina oleh BSN pada 18 Januari 2018, menerapkan SNI 01-3542-2004 tentang kopi bubuk agar keamanan dan kuliatasnya tetap terjaga.

“Salah satu misi dibukanya Kantor Layanan Teknis BSN di Palembang adalah untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas (kuantitas) produk unggulan daerah Sumsel. Selain terkenal pempek juga punya potensi lain yaitu kopi yang masuk sebagai produk unggulan nasional (PUN),” terang Haryanto, Kepala Kantor BSN wilayah Palembang saat kunjungi pabrik Kopi Bola Dunia Emas di Lahat. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda