Kompetisi Akbar Fire Fighter League Kelima Diselenggarakan di OKI

255

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Perusahaan-perusahaan mitra pemasok APP Group di Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan, kembali menyelenggarakan kompetisi akbar untuk regu penanggulangan kebakaran yang dikenal dengan nama Fire Fighter League.

Kompetisi ini bertujuan untuk menciptakan semangat kompetisi yang sehat di antara personel Regu Penanggulangan Kebakaran (RPK) dan karyawan pada umumnya. Tahun ini, Fire Fighter League diselenggarakan untuk kelima kalinya.

Fire Fighter League adalah ajang tahunan yang telah menjadi tradisi di OKI. Di tahun ini, Fire Fighter League memasuki edisi kelima, yang diadakan di Firebase Sungai Baung. Kompetisi ini dimulai dengan proses pendaftaran peserta dan kelengkapan peralatan tim satu hari sebelum pelaksanaan.

Fire Fighter League kelima tahun 2024 ini menjadi yang paling banyak diikuti oleh peserta. Tidak hanya diikuti oleh RPK OKI, namun juga dimeriahkan dengan hadirnya RPK dari MUBA, Kalbar, dan Kalteng.

Total peserta mencapai 23 tim dengan jumlah keseluruhan 115 personel. Seluruh peserta diwajibkan menginap dan membuat tenda-tenda di lapangan, menggambarkan kondisi tim RPK saat operasional pemadaman maupun pos pantau portable di lokasi rawan kebakaran.

Kompetisi ini terdiri dari lima pertandingan utama:

  • Team Work Energy (TWE) – Pertandingan halang rintang.
  • Fast Brave Ability (FBA) – Pertandingan cerdas, cepat, tepat.
  • Real Fire Fighting (RFF) – Pertandingan pemadaman kebakaran.
  • Rapid Response Team (RRT) – Pertandingan tracking serta mencari titik koordinat.
  • Fire Fighter Force (FFF) – Pertandingan ketangkasan RPK.

Selain itu, terdapat tiga pertandingan tambahan, yakni yel-yel terbaik, bivak terbaik, dan best inspirator. Selama satu pekan penuh, seluruh peserta akan bertanding dengan semangat dan dedikasi tinggi.

Efendy selaku External Relations Head PT SBA Wood Industries mengatakan, kompetisi ini sangat penting dalam rangka melatih kemampuan, keterampilan, dan kecepatan dalam melakukan upaya pemadaman.

“Melalui Fire Fighter League, kita dapat memastikan bahwa setiap personil siap menghadapi situasi darurat dengan efektif dan efisien,” jelas dia, Selasa (28/5/2024).

Panji Bintoro selaku Fire Operation Head – Forestry PT Bumi Andalas Permai menambahkan, Fire Fighter League tidak hanya sekadar ajang kompetisi, tetapi juga sebagai platform untuk memperkuat kerjas ama tim dan solidaritas antar regu. Semangat juang dan kebersamaan yang terbentuk selama kompetisi ini akan sangat bermanfaat dalam operasional sehari-hari.

“Dengan diadakannya kompetisi ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat kompetisi di antara seluruh karyawan, khususnya RPK, serta sebagai ajang silaturahmi dan persaudaraan. Kompetisi ini juga bertujuan untuk menjaga aset dan area kita dari bahaya kebakaran hutan dan lahan,” tegas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda