Kodim 0402/OKI Garap Lahan Pertanian Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

45

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk pencapaian swasembada pangan, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama TNI AD melakukan kerja sama mengawal dalam peningkatan produksi komoditas pertanian di berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya di wilayah Kodim 0402/OKI.

Kodim 0402/ OKI bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten OKI melanjutkan program optimasi lahan (opla) berlokasi di Desa Bandar Jaya Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI, Rabu (20/3/2024).

Pada kesempatan tersebut, Kasdim 0402/OKI Mayor Czi Saipul Anwar menjelaskan, optimasi lahan pertanian di Desa Bandar Jaya rencananya digarap seluas 126 hektare (Ha).

“Menggunakan alat berat berupa excavator untuk mempercepat proses optimasi lahan, dimana Babinsa Koramil Air Sugihan dibantu Gapoktan Desa Bandar Jaya serta masyarakat setempat bergotong royong sehingga proses pekerjaan dapat segera terselesaikan,” jelas dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian OKI Sahrul M.Si menyampaikan, pemerintah daerah mengupayakan optimalisasi lahan rawa untuk menjadi lahan produktif, dengan harapan dapat mendongkrak indeks pertanaman pertanian di OKI.

“Konteks pelaksanaan optimasi lahan tidak bisa dilaksanakan hanya dengan mengandalkan satu komponen saja, maka kepentingan akan kolaborasi dan saling membantu akan sangat diperlukan dari semua stakeholder,” jelas dia.

“Kami selaku pemerintah daerah sangat mengapresiasi kegiatan yang dikomandoi Kodim 0402 ini. Inilah perwujudan sinergitas kita dalam meningkatkan hasil produktivitas pertanian di wilayah Ogan Komering Ilir,” tutup Sahrul. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda