Kepala Polisi Muslim Pertama Dilantik di Kota Amerika Serikat Ini

148

DUNIA, BERITAANDA – Sebuah kota di negara bagian New Jersey, Amerika Serikat memiliki kepala polisi muslim pertama. Ibrahim ‘Mike’ Baycora telah diambil sumpahnya sebagai kepala polisi ke-17 di Kota Paterson dalam pelantikan yang digelar pada Selasa (4/2/2020) waktu setempat.

Baycora diambil sumpahnya dengan tangan kirinya memegang Alquran dan tangan kanannya diangkat. Pelantikan itu digelar di balai kota setempat.

Kantor berita Turki, Anadolu Agency, Jumat (7/2/2020), melaporkan bahwa Baycora yang berdarah Turki-Amerika itu, menjadi kepala polisi Turki-Amerika pertama dalam sejarah Amerika Serikat.

Seremoni pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu nasional dan acara doa yang dihadiri para anggota masyarakat Turki di New York dan New Jersey, juga para pejabat senior pemerintah lokal dan keluarga serta kerabat Baycora.

Baycora telah mengabdi di kepolisian Paterson selama lebih dari 30 tahun.

Wali Kota Paterson, Andre Sayegh mengatakan bahwa Baycora merupakan kepala polisi Turki-Amerika pertama di Amerika Serikat.

“Dia akan menjadi kepala polisi muslim pertama di Kota Paterson,” tutur Sayegh dalam seremoni tersebut.

Baycora berbicara dalam seremoni tersebut. “Sebagai seorang anak dari sisi timur Paterson yang tumbuh di sini menghadiri sekolah, Paterson telah menjadi rumah saya selama setengah abad,” ujarnya.

“Paterson telah ada dalam darah saya sepanjang hidup saya, dan sekarang menjadi kepala polisi kota ini setelah karier 32 tahun, sungguh suatu kehormatan,” imbuhnya.

Lahir di Provinsi Eskişehir, Turki Barat, Baycora dibawa ke AS ketika masih bayi. Keluarganya menetap di Paterson. Dia bersekolah di sekolah umum Kota Paterson dan lulus dari Eastside High School. Dia mendaftar di Universitas Rutgers dan mengambil dua jurusan yakni administrasi bisnis dan teknik kimia. Dia pun mendapatkan dua gelar untuk kedua jurusan tersebut. (*)

Sumber: detik.com

Bagaimana Menurut Anda