Kemenag Donggala Laksanakan Bimbingan Manasik Haji

0

DONGGALA-SULTENG, BERITAANDA – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mulai melaksanakan bimbingan manasik haji bagi ratusan calon jamaah pada musim haji 1439 Hijriyah.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Moh Thalib menjelaskan, jamaah calon haji pada musim haji 1439 Hijriyah untuk Kabupaten Donggala berjumlah 202 orang yang terdiri dari, jamaah reguler 175 orang, lansia 11 orang, penggabungan mahram 14 orang, TPHD 1 orang dan TKHD 1 orang, yang tersebar pada Kecamatan Lalundu hingga perbatasan Tolitoli Kecamatan Sojol Utara.

“Kegiatan manasik jemaah calon haji Kabupaten Donggala tahun 2018 dimulai pagi jam 8 di Masjid Agung Darussalam Palu. Kegiatan sehari atau 8 jam tatap muka, dengan pemateri dari Jakarta KH. Qosim Saleh Lc,” kata Moh Thalib yang merupakan panitia pelaksana acara.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Dr. H. Rusman Langke, MM menegaskan, akan pentingnya manasik haji bagi para jamaah calon haji sebagai pengetahuan dalam menjalankan rukun dan tata cara berhaji. Sebab itu wajib hukumnya untuk diikuti para jamaah calon haji, khususnya jamaah Kabupaten Donggala.

Senada dengan Kakanwil Sulteng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Donggala Moh. Djunaidin menekankan akan pentingnya manasik haji bagi para jamaah sehingga perlu diikuti dengan baik.

“Cuaca yang ada di Sulteng dan Mekkah sangat jauh berbeda, sehingga para jamaah perlu penyesuaian. Jamaah perlu berolahraga dengan latihan jalan jauh dan jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan para tim dokter yang mendampingi, karena suhu di Mekkah berkisar 40 derajat selsius,” sarannya.

Acara yang dibuka langsung Pejabat Sementara Bupati Kabupaten Donggala Drs Muh Muchlis, MM dan dihadiri Wakil Ketua DPRD Donggala serta ratusan jamaah calon haji.

Dalam sambutan tertulisnya, Pejabat Sementara Bupati Donggala mengapresiasi atas pelaksanaan bimbingan manasik haji yang digelar Kemenag Donggala.

“Harapannya agar jamaah calon haji bisa mengikuti bimbingan manasik haji dengan baik dan benar. Sehingga citra Indonesia di mata internasional semakin membaik melalui peran perilaku positif jemaah haji Sulawesi Tengah asal Kabupaten Donggala,” tutupnya. (R.Nur)

Bagaimana Menurut Anda