Kelawi Ukir Prestasi Sebagai Desa Wisata Maju ADWI 2023

76

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Desa Kelawi mencatatkan namanya masuk daftar Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Desa Kelawi berhasil menorehkan prestasi gemilang dengan meraih juara kedua dalam ADWI 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Momentum gemilang ini ditandai dengan penyerahan penghargaan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, kepada Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kelawi.

Acara puncak tersebut digelar di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Ahad (27/08/2023).

Prestasi Desa Kelawi tak berhenti pada juara dua Desa Wisata Maju ADWI 2023. Desa yang berada di Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan ini juga berhasil memperoleh penghargaan rekor MURI sebagai desa wisata pertama yang memiliki varietas buah alpukat Desa Kelawi.

Penghargaan MURI ini diserahkan oleh Menteri Sandiaga Uno kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, disaksikan Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana.

Keberhasilan ini tidak diraih dengan mudah. Desa Wisata Kelawi melalui program konservasi Pantai Minang Rua telah berhasil bersaing dengan 4.573 desa wisata lainnya di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan M. Darmawan mengungkapkan, prestasi ini merupakan buah dari upaya keras dan komitmen yang telah ditanamkan.

Dalam keterangan tertulisnya, Darmawan menerangkan ada total 4.573 desa yang dinilai. Sedangkan yang masuk nominasi hanya 75 desa, termasuk Desa Kelawi.

Darmawan menjelaskan, penilaian dalam ADWI 2023 didasarkan pada lima kategori utama. Yaitu daya tarik pengunjung, home stay dan toilet, digital dan kreatif, souvenir, serta kelembagaan desa wisata dan sertifikasi cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE) yang berstandar nasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadis Parekraf) Provinsi Lampung Bobby Irawan mengatakan, Desa Kelawi patut berbangga hati desanya bisa menjadi desa wisata kebanggaan Provinsi Lampung.

Bobby pun turut memberikan apresiasi atas kerja keras Pokdarwis Desa Kelawi sehingga bisa masuk dalam jajaran Desa Wisata Maju dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

“Selamat untuk Desa Kelawi yang sukses meraih prestasi gemilang ini. Desa Kelawi sudah membuat bangga pemerintah provinsi dan juga masyarakat Lampung,” ucap Bobby.

Bobby memaparkan, Pemprov Lampung memberikan ruang seluas-luasnya bagi seluruh desa wisata untuk berkreasi. Karena dalam membangun sektor wisata, semua pihak harus terlibat dan saling mendukung. Termasuk Pokdarwis Desa Kelawi yang turut giat secara aktif membangun pariwisata Provinsi Lampung.

Bobby menambahkan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pun sangat ingin meningkatkan sektor pariwisata Lampung. Keberadaan Desa Wisata Kelawi ini sangat membantu upaya gubernur dalam mengembangkan kawasan wisata Bakauheni terpadu.

“Lokasi Desa Kelawi tidak sampai 5 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni. Mudah dan cepat dijangkau. Wisatawan bisa sampai di Desa Kelawi hanya dalam waktu 15 menit dengan berkendara.” terangnya.

“Semoga Pokdarwis Desa Wisata Kelawi terus meningkatkan potensi wisata yang ada. Juga turut membantu mengangkat desa-desa wisata lain yang ada di Lampung Selatan,” kata Bobby. (*)

Bagaimana Menurut Anda