KB MKJP MOW: Ibu dan Anak Sehat, Masa Depan Anak Terjamin

101

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Dengan keikutsertaan pada Keluarga Berencana (KB) Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), khususnya Metode Operasi Wanita (MOW), maka ibu dan anak menjadi sehat, dan masa depan anak akan lebih terjamin.

Demikian diungkapkan Sekda Tapanuli Selatan (Tapsel) Parulian Nasution pada saat meninjau kegiatan pemasangan kontrasepsi KB MKJP MOW, di RSUD Kabupaten setempat, Sipirok, Kamis (22/8/2019).

Kegiatan diawali pengisian absensi dan pendataan peserta, dan berlanjut pengecekan tensi dan kondisi kesehatan serta pengambilan sample urine peserta. Pada tahapan berikutnya, pelaksanaan operasi MOW dibagi secara gelombang sesuai dengan daftar urut setiap kecamatan.

Menurut sekda, pemasangan kontrasepsi KB MKJP MOW bertujuan untuk mengatur jarak angka kelahiran dan menekan angka pertumbuhan penduduk. Sehingga pertumbuhan penduduk di Tapsel dapat terkendali dengan normal.

“Adapun dengan ikut ber-KB, ibu dan anak akan menjadi sehat disamping keluarga sehat terciptalah lingkungan yang sehat dan budaya sehat, sehingga masa depan anak dapat lebih terjamin,” ungkap Parulian.

Ia mengharapkan, kedepan masyarakat Tapsel agar dapat ikut ber-KB. Karena sesungguhnya KB itu sangatlah penting untuk menciptakan suasana hidup sehat atau keluarga sehat.

Terkait pernikahan, diharapkan minimal usia perempuan saat menikah 21 tahun dan laki-laki minimal 25 tahun. Penyuluhan pra nikah juga perlu, agar pasangan suami istri dapat mengetahui pentingnya KB untuk harmonisasi laju pertumbuhan keturunan.

Sebelumnya, Kadis P2KB Tapsel Ahmad Ibrahim Lubis berujar, tujuan pelayanan KB MKJP MOW untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Tapsel, dan yang ikut pemasangan kontrasepsi KB MKJP MOW berjumlah 86 orang terdiri dari 15 kecamatan.

“Banyaknya peserta akseptor MOW saat ini menunjukan tingkat kesadaran masyarakat untuk ber-KB semakin tinggi dan diharapkan ke depan akan terus bertambah sesuai program keluarga berencana,” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, Direktur RSUD Tapsel drg. Firdaus Batubara, Camat Sipirok Sardin Hasibuan, Sekretaris P2KB Hamonangan Siregar dan Kepala Perwakilan BKKBN Provsu diwakili Kabid KB Ahmad Sofyan Rangkuti. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda