Kapolres OKI Bantah Tudingan Waskita Terkait Maraknya Calo di Depan Gerbang Tol Celikah

416

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kapolres OKI AKBP Donni Eka Saputra melalui Paurbinops Bagops Polres OKI IPTU Bambang Pancawala membantah keras tudingan PT Waskita Karya terkait indikasi pembiaran petugas terhadap keberadaan calo yang memuluskan kendaraan umum untuk melintas di ruas jalan tol yang belum resmi secara fungsional.

“Jalan tol tersebut bukan merupakan jalan umum, dan masih tanggung jawab pihak pembangunan. Pihak yang bisa melarang kendaraan melewati jalan tol adalah pengamanan mereka sendiri,” ujarnya, Selasa (22/10/2019).

Disambung dia, Polres OKI dalam hal pengamanan di pintu masuk, tidak menempatkan personel untuk menjaga pintu tol.

Dirinya beralasan, karena itu memang masih bagian dari proyek yang harus mereka jaga. Sedangkan ia mengatakan, polisi akan bertindak setelah ada pengaduan terkait pengendara yang menerobos pintu tol.

“Kalau ada kendaraan yang melewati atau nekat masuk, pihak keamanan berhak menghentikan dan menahan kendaraan tersebut, dengan sebelumnya membuat laporan polisi terlebih dulu,” terang dia.

Kepolisian sendiri menyayangkan ulah segelintir pengendara yang dinilai tidak taat aturan. Sebelum tol difungsikan secara penuh, menurutnya, berpotensi terjadi kecelakaan akibat masih banyak kendaraan alat berat proyek. Terkait praktik calo sendiri, ia mengatakan akan bertindak tegas.

“Jelas membahayakan diri sendiri. Terlebih lagi, operasional alat berat masih digunakan dalam proyek. Segera laporkan kepada pihak kepolisian jika terdapat percaloan dalam meloloskan kendaraan melewati jalan tol,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PT Waskita Karya melalui perwakilannya Usman Faqih menuding, maraknya praktik pencaloan menjadi tanggung jawab kepolisian. Hal ini, menurut Usman, lantaran masalah keamanan tersebut sudah diserahkan sepenuhnya ke polisi.

“Kami sudah bekerjasama dengan pihak kepolisian untuk menjaga agar tidak ada yang melintas. Saya juga tidak tahu itu (ada calo), karena kita sudah serahkan ke Polres untuk pengamanannya. Kalau memang ingin masuk, harus ada izinnya loh ya,” tandas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda