Kadisdik Sergai: Kepsek dan Para Guru Harus Mampu Terapkan Program Gila

155

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Drs. Joni Walker Manik, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Serdang Bedagai memaparkan agar pada seluruh kepala sekolah (kepsek) dan para guru mampu menerapkan program Gali Ide Langsung (Gila) yang merupakan bagian dari inovasi Dinas Pendidikan.

“Saya minta analisis seluruh permasalahan yang terjadi di sekolah, untuk kemudian dicari solusi terbaik dengan inovasi, baik itu terkait jumlah pelajar, penataan lingkungan sekolah, serta perawatan gedung sekolah. Dengan tetap mengedepankan gerakan pelajar peduli sampah (gerappah), kemudian gerakan green, clean and life (GCL), dan pendidikan karakter serta literasi,” ungkap Joni Walker Manik saat mengadakan rapat koordinasi (rakor) yang didampingi Sekretaris Dinas (Sekdis) Batara Rival Harahap, Kabid Pembinaan SD Sugianto, Kabid PTK Pujiono, Korwil Pendidikan Teluk Mengkudu Syawaluddin Lubis, bertempat di Pantai Desa Sentang Kecamatan Teluk Mengkudu, Selasa (4/2/2020).

Beliau juga mengatakan, jika semua dapat dilaksanakan, kedepannya setiap sekolah di Sergai mampu menjadi rumah kedua bagi pelajar.

“Selain itu, dapat juga dipromosikan sebagai lokasi objek wisata, dimana masyarakat dapat menikmati keindahan sekolah sekaligus bisa meningkatkan mutu pendidikan di Sergai,” tambah dia.

Kadisdik Sergai juga menegaskan kepada para kepala sekolah untuk tidak main-main dengan dana BOS serta uang sertifikasi guru, yang juga telah diberikan surat edarannya oleh Disdik Sergai.

“Ingat, para kepala sekolah jangan coba-coba menyelewengkan dan BOS maupun uang sertifikasi guru. Jika ini terjadi, saya atas nama Dinas Pendidikan Sergai akan memberikan tindakkan tegas. Buatlah yang terbaik terhadap sekolah, sehingga dapat mendongkrak prestasi pendidikan dengan inovasi, agar mutu dan kualitas pendidikan di Sergai lebih unggul,” jelas dia.

“Para kepsek harus berani bersaing dan berinovasi, rangkul komite sekolah, masyarakat di lingkungan sekolah dan desa. Dimana semuanya itu untuk kepentingan sekolah dan anak didik,” pungkas Joni Walker Manik. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda