Kades di OKI ‘Sulap’ Mobil Bak Terbuka Jadi Armada ‘Tempur’ Buru Karhutla

156

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Inovasi para kepala desa (kades) di Kecamatan Mesuji Makmur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dalam menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) patut diacungi jempol. Dengan kreativitas para kades ini berhasil ‘menyulap’ mobil bak terbuka jadi armada pemadam kebakaran.

Berawal dari kebakaran lahan yang melanda kebun warga, muncul ide kreatif dibenak para kades di Kecamatan Mesuji Makmur agar cepat ditanggulangi. Saat ini dari 19 desa, 13 desa diantaranya sudah memiliki armada pemadam karhutla.

“Ide kreatif dari para kepala desa untuk mengatasi karhutla sudah ada 13 unit armada. Desa lainnya segera menyusul,” ucap Camat Mesuji Makmur Imam Tohari melalui sambungan telepon, Jumat (6/10/2023).

Imam menceritakan, keberadaan armada pemadam karhutla ini lebih memudahkan para aparat desa menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah desanya.

“Kita membantu satgas daerah yang berjibaku melawan karhutla, para kepala desa dan masyarakat tanggap terhadap bencana ini,” ujar dia.

Diceritakan Imam, armada damkar milik desa ini berkonsep sederhana namun multifungsi yang berguna untuk membantu memadamkan api ketika kebakaran.

“Mobil pick up atau truk milik warga disiagakan sebagai armada karhutla. Dengan perlengkapan tandon air, mesin penyemprot, serta selang sederhana namun bermanfaat,” jelas Imam.

Petugas pemadam, tambah dia, terdiri dari hansip desa ditambah perangkat desa dan masyarakat.

“Jadi sistem kerjanya keroyokan, jika api membesar armada damkar dari desa sekitar turut membantu,” ujar dia.

“Keberadaan armada karhutla milik desa ini sangat berguna. Apalagi di saat musim kemarau seperti saat ini, dimana bencana kebakaran hutan dan lahan terus mengancam,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda