Jurnalis Ekonomi Syariah Sumsel Resmi Dibentuk

124

PALEMBANG, BERITAANDA РMinimnya market share dan juga nasabah bank syariah secara nasional, juga Sumsel membuat perbankan gencar mengedukasi dan memberikan literasi keuangan kepada masyarakat agar paham mengenai perbankan syariah.

Senior Vice President Bisnis Ritel dan Jaringan BNI Syariah, Iwan Abdi mengakui, market share bank syariah secara nasional sangat kecil dan jauh dibanding bank konvensional yang hanya enam persen.

“Salah satu faktornya karena memang minim literasi dan inklusif, sehingga masih banyak masyarakat belum paham perbankan syariah,” ujar Iwan Abdi, Kamis (19/9/2019).

Minimnya edukasi ini membuat BNI Syariah membentuk Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) di Hotel The Zuri Jalan Radial. Rian Saputra selaku Wakil Pimred Sumatera Ekspres ditunjuk menjadi Ketua JES Sumsel dan Dinda Wulandari ditunjuk sebagai Wakil Ketua JES.

Melalui pembentukan kegiatan ini, diharapakan semakin banyak jurnalis yang bisa memberitakan mengenai bank syariah agar semakin banyak masyarakat yang paham.

General Manager Kesekretariatan dan Komunikasi Perusahaan BNI Syariah, Rima Dwi Permatasari mengatakan, pembentukan JES sudah dilakukan di 15 provinsi di tanah air. Dan di Sumsel merupakan yang ke-16.

Dia berharap adanya asosiasi jurnalis syariah ini akan membuat pertumbuhan bank syariah semakin pesat dan dikenal luas masyarakat.

“Keuangan syariah menjadi tren saat ini, dan pemerintah serius menggaungkannya dengan¬†membentuk komite keuangan syariah. Oleh sebab itu, literasi diperlukan bukan cuma sebagai sarana promosi, tapi mengubah perilaku masyarakat,” pungkas dia. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda