Jembatan Penghubung Kabupaten Dharmasraya dengan Singgigi Terputus

0

DHARMASRAYA-SUMBAR, BERITAANDA – Akibat tingginya intensitas curah hujan yang terjadi di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dalam beberapa hari belakangan ini, menyebabkan salah satu jembatan penghubung antar nagari Muaro Sopan, Kecamatan Padang Laweh, Kab. Dharmasraya dengan nagari Sungaki, Kecamatan Lubuk Jambi, Kabupaten Singgigi, Riau terputus.

Wali Nagari Muaro Sopan, Aris Asmanto menjelaskan, putusnya jembatan tersebut selain disebabkan oleh tingginya intensitas curah hujan, juga disebabkan karena tingginya volume kendaraan perusahaan yang melintas di jembatan Muaro Sopan.

“Kondisi jembatan itu pada awalnya memang sudah nyaris putus, disebabkan karena tingginya penggunaan jembatan oleh pihak perusahaan. Sementara perbaikan jembatan sangat jauh,” tuturnya, Jumat (15/9/2017).

“Putusnya jembatan tersebut diperkirakan akan berdampak terhadap roda prekonomian kedua nagari antar provinsi menjadi terganggu. Selain itu, jembatan tersebut juga tidak dapat dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun empat,” ujarnya lagi.

Putusnya jembatan Muaro Sopan dinilai karena lemahnya perhatian dari pihak perusahaan sawit dan pemda. Pasalnya, pemerintahan nagari Muaro Sopan sebelumnya telah menyampaikan kondisi jembatan tersebut kepada pihak-pihak terkait, tujuannya agar jembatan Muaro Sopan dapat segera dilakukan perbaikan, namun hal itu kurang mendapatkan respon atau perhatian dari pihak-pihak terkait.

“Saat ini, pemerintahan Nagari Muaro Sopan berharap kepada pemda atau pihak perusahaan agar dapat segera memperbaiki jembatan yang putus tersebut. Sehingga, masyarakat dapat beraktifitas kembali dan roda perekonomian daerah tidak terhambat,” pungkasnya. (Ek/St)

Bagaimana Menurut Anda