Jaringan Pengedar Sabu Lintas Negara Divonis 11 Tahun Penjara

0
Terdakwa Darno dikawal petugas dan didampingi kuasa hukumnya.

SAMARINDA-KALTIM, BERITAANDA – Darno Hariyadi (36) warga Jalan Mulawarman Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan Kota Balikpapan Kalimantan Timur, dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana percobaan atau pemufakatan jahat untuk melakukan tindak pidana tanpa hak atau melawan hukum, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan I. Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 114 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika.

Ketua majelis hakim yang dipimpin Burhanuddin didampingi hakim anggota Rustam dan Hendri Dunant, pada sidang agenda putusan di Pengadilan Negeri Samarinda, Senin (24/9/2017) siang.

Terdakwa Darno yang tengah menjalani hukuman penjara selama 8 tahun atas perkara yang sama di Lapas Narkotika Kelas III Bayur Samarinda kembali diputus bersalah. Kali ini dia (terdakwa -red) divonis penjara selama 11 tahun 4 bulan atas kepemilikan sabu seberat 1,868 gram.

Dalam perkara ini terdakwa dibebankan membayar denda sebesar Rp1 miliar subsidair 6 bulan kurungan.

Vonis hakim tersebut tentu saja lebih ringan 8 tahun 8 bulan dari tuntutan JPU Reza Fahlepi yang menuntutnya 20 tahun penjara.

Terdakwa Darno terbukti bersalah dan menyakinkan sebagaimana terungkap dalam fakta persidangan dan keterangan saksi, bahwa barang sabu yang beratnya 1 kilo lebih itu dia dapatkan dari seorang perempuan yang dikirim dari Tawao Malaysia.

Terbongkarnya kasus jaringan pengedar sabu lintas negara ini berawal dari tertangkapnya Hendra Jaya alias Soni, oleh anggota Polsek Sungai Nyamuk Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Setelah dilakukan penggeledahan, polisi menemukan barang bukti berupa sabu yang disimpan didalam kardus untuk dibawa ke Samarinda.

Dihadapan majelis hakim, saksi Hendra mengaku bekerja sebagai pengantar barang sabu untuk terdakwa. Atas keterangan saksi ini, terdakwa Darno tidak keberatan dan membenarkan semua keterangan yang disampaikan saksi. (ib)

Bagaimana Menurut Anda