Jaring Bibit Atlet Potensial, Pemkab OKI Gelar Kejuaraan Billiard Bupati Cup III

116
Bupati OKI HM. Djakfar Shodiq ketika menyodok bola, tanda dimulainya kejuaraan Billiard Bupati Cup III.

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – 192 orang peserta ikuti kejuaraan Billiard Bupati Cup III yang digelar Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga setempat, bertempat di Mr K Billiard Cafe dan Restoran, Selasa (5/12/2023) pagi.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten OKI, M. Amin menjelaskan, kejuaraan tersebut agenda tahunan diselenggarakan Pemkab OKI, dalam rangka pembinaan olahraga khususnya cabor biliar.

“Juga menjaring bibit-bibit atlet potensial, dalam rangka meningkatkan prestasi olahraga Kabupaten OKI di masa mendatang,” kata Amin dalam sambutannya saat pembukaan kejuaraan tersebut.

Pada kejuaraan Billiard Bupati Cup III ini, jelas dia, peserta dibagi menjadi 2 kelas. Yaitu kategori umum (handicap 4B, 4A dan 5) dengan 128 orang peserta dan kategori junior usia 19 tahun pesertanya 64 orang.

“Total hadiah Rp 20 juta, dengan rincian kategori umum juara 1 Rp 5 juta, juara 2 Rp 2,5 juta, juara 3 Rp 1,5 juta dan juara 4 Rp 1 juta, serta 8 besar Rp 500 ribu,” ujar dia.

“Sedangkan kategori junior antara lain juara 1 Rp 2,5 juta, juara 2 Rp 2 juta, juara 3 Rp 1,5 juta, juara 4 Rp 1 juta dan 8 besar Rp 250 ribu. Seluruh pembiayaan kejuaraan ini dibebankan pada Dispora OKI,” pungkasnya.

Bupati OKI HM. Djakfar Shodiq mengatakan, atas nama pribadi dan Pemkab OKI pihaknya mengapresiasi setinggi – tingginya kepada cabor billiard yang berhasil mengharumkan nama OKI di tingkat provinsi pada Porprov XIV Sumatera Selatan.

“Pada Porprov XIV Sumsel digelar Kabupaten Lahat itu, cabor billiard raih 6 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu, serta menjadi juara umum di perhelatan multi event terbesar di Sumsel tersebut,” kata dia.

Diadakannya kejuaraan seperti kali ini merupakan langkah strategis dari Pemkab OKI melalui Dispora dalam membina cabor. Ia berharap kegiatan serupa dapat terus konsisten untuk dilaksanakan di tahun-tahun yang akan datang.

“Kami mengingatkan juga kepada para peserta semua, pada kejuaraan ini harus selalu menjaga sportivitas, kekompakan, dan nama baik masing-masing dari kita selama event ini berlangsung,” pesan dia.

“Semoga kejuaraan Billiard Bupati Cup III dapat memantik semangat pegiat olahraga pada cabang olahraga yang lain, dapat mengembangkan cabang olahraganya masing-masing sehingga mampu tingkatkan prestasi olahraga OKI,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda