Irjen Pol. Rachmad Wibowo Pimpin Sertijab Pejabat Polda Sumsel, Jabatan Kapolres OKI Dirotasi

355

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo SIK pimpin acara serah terima jabatan (sertijab) Irwasda, Karoops, Kapolres OKI, Kapolres Prabumulih, Kapolres Lahat dan pelantikan Dirreskrimsus Polda Sumsel, Rabu (20/12/2023).

Serah terima jabatan tersebut dilaksanakan di Lounge Lantai VII Gedung Utama Presisi Polda Sumsel dengan dihadiri oleh PJU Polda Sumsel, para Kapolres/ta jajaran Polda Sumsel dan para pengurus Bhayangkari.

Adapun yang serah terimakan diantaranya Kombes Agus Suropratomo Oktobrianto, Dirresnarkoba Polda Kepri dimutasi menjadi Dirreskrimsus Polda Sumsel. Posisi Dirreskrimsus Polda Sumsel sendiri sebelumnya sempat kosong setelah ditinggal oleh almarhum Kombes Agung Marlianto yang wafat beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, posisi Wadirreskrimsus yang sebelumnya dijabat AKBP Putu Yudha Prawira, kini juga digantikan oleh AKBP Witdiardi. Putu dimutasi menjadi Dirreskrimsus Polda Kepri.

Sementara untuk posisi Kapolres Prabumulih yang ditinggalkan Witdiardi, kini digantikan AKBP Endro Ariwibowo. Endro sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sumsel.

Selain Prabumulih, Kapolres di Ogan Komering Ilir (OKI) dan Lahat juga turut diganti. Kapolres OKI AKBP Dili Yanto dimutasi menjadi Kabagbinkar RO SDM Polda Sumsel. Kapolres OKI kini diisi AKBP Hendrawan Susanto yang sebelumnya bertugas di SSDM Polri.

Sedangkan Kapolres Lahat AKBP S. Kunto Hartono dimutasi ke Ditkamsel Korlantas Polri, posisinya digantikan AKBP God Parlasro Sinsitor Sinaga yang sebelumnya bertugas di Subdit III Dirtipidum Bareskrim Polri.

Jabatan Irwasda Sumsel yang sebelumnya diisi oleh Kombes Ulung Sampurna, kini diisi oleh Kombes Feri Handoko dari Auditor Kepolisian Madya Itwasum Polri. Ulung dimutasi ke IrbidjemenSDM I Itwil II Itwasum Polri.

Kombes Reeza Herasbudi yang menjabat sebagai Karo Ops Polda Sumsel kini dimutasi menjadi Kabagfasdal Rodalops Sops Polri, digantikan oleh Kombes Muhammad Anis Prasetio Santoso dari Korbrimob Polri.

Ada juga AKBP Ariefaldi Warganegara yang sebelumnya menjabat Kabagbinkar RO SDM Polda Sumsel kini dimutasi menjadi Kapolresta Mataram Polda NTB. Kemudian, AKBP dr. Wahono Edi yang sebelumnya menjabat sebagai Karumkit RS Bhayangkara Moh. Hasan Palembang, Biddokes Polda Sumsel diangkat menjadi Kabiddokes di Polda Riau.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Supriadi mengatakan, mutasi di tubuh Polri merupakan hal yang biasa. Selain sebagai bentuk penyegaran, juga merupakan bentuk promosi atasan kepada personel yang berprestasi.

“Mutasi yang dilakukan ini merupakan hal biasa di organisasi Polri. Pertama adalah penyegaran personel dan yang kedua merupakan promosi dari yang bersangkutan dalam tugas serta kinerjanya yang diberikan pimpinan langsung,” katanya.

Pada sertijab tersebut, Kapolda melakukan penyematan tanda jabatan terhadap pejabat yang dilantik dan membacakan sumpah jabatan yang turut diikuti pejabat lama dan pejabat baru. Kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas.

Usai dilaksanakan sertijab acara dilanjutkan dengan kegiatan kenal pamit bersama PJU dan Kasatwil Polda Sumsel yang mutasi, kegiatan diisi kesan dan pesan pejabat lama dan pejabat baru Polda Sumsel beserta Kasatwil Polda Sumsel.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda Sumsel menyampaikan beberapa ucapan kepada pejabat lama dan baru.

“Alhamdulillah di Polda Sumsel saat ini kekeluargaan bekerja sangat kental dan fasilitasnya juga lengkap, sehingga tidak ada alasan kita untuk tidak bekerja dengan baik. Hari ini kita dengan berat hati harus melepas pejabat lama dengan lapang dada dan bahagia dengan digantikan dengan pejabat yang baru,” ucap Kapolda Sumsel.

Dia menyampaikan bahwa dirinya terus mengingatkan kembali kepada para pejabat utama Polda Sumsel agar terus menerus supaya bisa meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda