Ini Program Kerja yang Dipaparkan Ketua PWI OKI Terpilih di Rakerda PWI Sumsel, Berikut Ulasannya

30

PALEMBANG, BERITAANDA – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ogan Komering Ilir (OKI) Terpilih, Idham Syarief, memaparkan sejumlah program kerja di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PWI Sumsel, bertempat di Rumah Dinas Walikota Palembang, Sabtu (1/6/2024) kemarin.

Pada rapat yang diikuti pengurus PWI kabupaten/kota di Sumsel tersebut, Idham Syarief mengungkapkan, sebagai program kerja jangka pendek, pihaknya akan mengadakan pelantikan pengurus PWI Kabupaten OKI periode 2024 – 2027 yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2024.

“Seperti kita tahu, PWI OKI baru saja menggelar pemilihan ketua, untuk itu kami akan segera menggelar pelantikan sebagai pemberitahuan dan pengenalan pengurus PWI OKI yang baru periode 2024-2027,” kata Idham Syarief saat dihubungi, Ahad (2/6/2024).

Namun, Idham Syarief mengungkapkan, hal itu bukanlah yang utama dalam program kerjanya. Dia menegaskan, pengembangan potensi dan peningkatan sumber daya manusia yang ada di PWI OKI  merupakan hal utama yang segera dilaksanakannya.

“Dalam waktu dekat ini, PWI OKI akan menggelar kelas diskusi jurnalistik atau belajar bersama mengenai dasar-dasar ilmu dan kode etik jurnalistik,” ujar Idham Syarief.

Selain itu, upaya peningkatan mutu wartawan juga masuk dalam draft program kerja jangka panjang PWI OKI.

Alasan menggelar pelatihan dan uji kompetensi wartawan (UKW), menurut Idham Syarief, sebagai langkah konkrit atas progresivitas pembekalan ilmu yang diterapkan sebagai wartawan profesional.

“Secepatnya akan dilaksanakan kelas belajar jurnalistik dasar, seperti teknik mencari dan menulis berita, serta beberapa pedoman kode etik jurnalis. Ini yang terpenting, setelah itu baru mengadakan UKW,” ucapnya.

Sebagai organisasi profesi, Idham Syarief mengatakan bahwa tidak hanya mutu SDM yang ditingkatkan, lingkungan juga tak luput dari pandangannya untuk menggagas pembenahan atau menciptakan lingkungan yang sehat di area Sekretariat PWI OKI.

Menurutnya, sebagai wadah profesi wartawan, tentu lingkungan yang sehat diperlukan dalam menata siklus kerja yang baik.

“Tentu kebersihan sangat diperlukan untuk wartawan yang sehat. Nanti akan ada penghijauan di area Sekretariat PWI OKI,” ungkapnya lagi.

Menciptakan ruang kerja profesional yang sehat, tentu diperlukan juga sarana dan prasarana yang baik. Meskipun sifatnya tidak terikat, perluasan gedung Sekretariat PWI OKI masuk dalam gagasan atau rencana program kerja jangka panjang PWI OKI.

Selain peningkatan mutu dan penataan lingkungan profesi, membangun jaringan lingkungan sosial juga dianggap penting oleh Idham Syarief. Hal yang dimaksud yakni, menjalin hubungan baik antara PWI OKI dengan pemerintah, swasta maupun organisasi profesi lainnya.

“Tentu kita harus menjalin hubungan dengan Pemkab OKI, perusahaan ataupun organisasi lain yang ada di OKI. Selain sebagai mitra kerja, nantinya juga bisa dilakukan kerja sama yang bisa menghasilkan profit untuk PWI OKI itu sendiri,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda