Ini Cara Ampuh Hilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

0

SERBA-SERBI, BERITAANDA – Malas masak olahan daging kambing karena bau prengusnya? Coba ikuti beberapa cara ini untuk menghilangkan bau prengus. Caranya sangat mudah.

Hal pertama yang tak boleh Anda lakukan ialah mencuci daging kambing segar. Ini karena daging kambing yang dicuci sebelum dimasak justru makin menebarkan aroma tak sedap. Sebaiknya lumuri saja daging dengan jeruk limau atau jeruk nipis. Lalu diamkan beberapa saat.

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan aroma prengus pada daging kambing ialah dengan menambahkan rempah.

Menurut Chef Ragil Imam Wibowo, salah satu trik menghilangkan bau prengus ialah dengan menambahkan banyak rempah. Umumnya, paduan rempah bumbu kari putih.

“Kalau misalnya bau, dibanyakin rempah-rempahnya aja. Semua bumbu-bumbu kari putih gitu, jahe, kayu manis, adas, cengkeh, dan juga daun jeruk,” jelas Chef Ragil Imam Wibisono, dikutip dari laman detikFood.

Sebenarnya ada banyak rempah yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus. Namun penggunaannya perlu disesuaikan dengan sajian yang akan Anda buat. Karena rempah seperti jahe ampuh menghilangkan aroma prengus. Tapi jika Anda memasak semur daging kambing, penggunaan jahe justru merusak citarasa semur.

Karenanya, Chef Stefu memberikan tips lain untuk menghilangkan aroma prengus pada daging kambing. Ia juga membenarkan kalau semakin banyak rempah yang digunakan, maka bau prengus yang ada akan semakin berkurang.

“Menghilangkannya (bau prengus) sebenarnya tergantung pada jenis masakannya. Selalu pakai jahe. Tetapi bukan karena jahe untuk menghilangkan, tapi lebih ke pada kompleksitas dari pada penggunaan rempah,” ungkap Chef Stefu Santoso.

Tak hanya menggunakan banyak rempah, Chef Stefu Santoso juga menambahkan cara lain untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Yaitu dengan melakukan proses blanching.

“Atau mungkin di awal kita bisa melakukan blanching atau direbus dulu satu atau dua kali. Kambingnya saya kasih garam sedikit agar ada rasa sedikit. Kemudian air didihkan kasih jahe sama cengkeh. Dagingnya dimasukkan, diblanch untuk menghilangkan kotoran-kotoran. Setelah itu diangkat,” tambah Chef Stefu.

Blanching atau blansir merupakan salah satu teknik merebus. Anda hanya perlu mendidihkan air secukupnya lalu memasukkan daging atau pun sayuran ke dalamnya selama beberapa menit. Teknik ini umum digunakan untuk merebus sayuran agar tak terlalu matang. (*)

Bagaimana Menurut Anda