IKBM Sumsel UIN Sunan Kalijaga Gelar Dialog dan Musyawarah Anggota

0

YOGYAKARTA, BERITAANDA – Ikatan Keluarga Besar Mahasiswa (IKBM) Sumatera Selatan (Sumsel) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar dialog dan musyawarah anggota ke-II, bertempat di Balai Sriwijaya Asrama Permanen Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa (IKPM) Sumsel D.I. Yogyakarta, 9-10 Desember 2017.

Ifan Asriansyah selaku ketua panitia menjelaskan, dengan mengambil tema ‘Menuju Mahasiswa Sumatera Selatan UIN Sunan Kalijaga yang Berdaulat, Berdikari, dan Berkarakter’, diharapkan kawan-kawan dapat menjadi mahasiswa yang memiliki kedaulatan, berdikari dan berkarakter.

Sementara itu, Fitra Rizkikah yang akrab disapa Riski, mewakili IKBM Sumsel UIN Sunan Kalijaga menjelaskan, sudah seharusnya bagi kawan-kawan Sumsel UIN Sunan Kalijaga untuk bangkit dari keterpurukan dalam konteks kesatuan dan persatuan, serta mengambil bagian dalam resolusi kepemimpinan, keilmuwan dan entrepreneur.

“Dimana organisasi hari ini berada dalam degradasi total dalam development, baik dalam ranah kemanusiaan, keahlian (tenaga ahli) serta ranah produksi pengetahuan,” jelas dia.

Shohibul Kafi selaku Dewan Pembina Organisasi IKBM juga menjelaskan, besar harapannya kepada adik-adik mahasiswa Sumsel UIN Sunan Kalijaga khususnya, ataupun mahasiswa diluar UIN Sunan Kalijaga, untuk serius dan totalitas dalam berproses di IKBM dan dimanapun berada.

“Lebih-lebih harus mampu menjadi leader perubahan, baik dalam ranah kepemimpinan, enterpreneur, ataupun keilmuwan,” tegas dia.

Shohibul Kafi yang juga dikenal sebagai Pangeran Mudho ini melanjutkan, kita sudah memulai pergerakan pemuda dan mahasiswa kedaerahan, khususnya Sumatera Selatan, demi menggalang persatuan dan kesadaran untuk mampu bersaing dalam era pembangunan yang kompetitif.

“Syarat utama bagi mahasiswa Sumatera Selatan harus memiliki keahlian berupa keterampilan yang mampu mendukung kemajuan daerah, sebab pemuda dan mahasiswa daerah adalah ceminan atas kemajuan sebuah daerah. Syarat yang kedua adalah mampu membangun kesepakatan sebagai start point perubahan dan rel perjalanan perubahan,” jelas dia panjang lebar.

Dalam acara tersebut dihadiri pula oleh IKPM Sumatera Selatan, tokoh muda Sumatera Selatan D.I. Yogyakarta serta perwakilan dari Kantor Kesatuan Bangsa (Kesbang) Kota Yogyakarta.

Adapun narasumber dalam acara itu antara lain perwakilan dari Kesbang Kota Yogya Widyastuti, S.S., M.Hum, tokoh muda enterpreneur Sumatera Selatan D.I. Yogyakarta Reza Ulhaq, S.Pd serta Shohibul Kafi, S.Fil yang merupakan tokoh akademisi muda Sumatera Selatan D.I. Yogyakarta dan tokoh perintis pergerakan kedaerahan Sumatera Selatan dalam kancah nasional (IKPM Sumatera Selatan Nusantara).

Hasil musyawarah anggota ke-II tersebut menetapkan Fitra Rizkikah sebagai Mandataris Organisasi IKBM Sumatera Selatan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta periode 2017-2018. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda