Ibu Negara Iriana Kenakan Kebaya Disulam dengan Benang Tapis Hasil Pengrajin Lapas Perempuan Bandar Lampung

5

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Ballroom Alila Hotel Solo berlangsung meriah, Rabu (15/5/2024).

Ibu Negara Iriana Jokowi beserta jajaran Ketua Dekranas, dan rombongan Ibu Oase-KIM menggunakan kebaya yang disulam dengan benang tapis yang didesain oleh Mel Akhyar, salah satu desainer nasional.

Kebaya yang dibuat menggunakan teknik sulam tapis merupakan hasil karya pengrajin lokal House of Tapis by Desi, dan juga berkolaborasi dengan Pengrajin di Lapas Perempuan Kelas II Kota Bandar Lampung, binaan Ibu Riana Sari Arinal.

Mel Akhyar selaku designer menjelaskan, penggunaan teknik sulam tapis yang diterapkan pada kain yang dipakai oleh Ibu Iriana Jokowi dan Ibu-Ibu Oase-KIM merupakan perwujudan dari empowering women, khususnya pada perajin lokal Lampung dibawah binaan Dekranasda Lampung dan beberapa perajin yang berasal dari warga binaan.

Peringatan HUT Dekranas Ke-44 secara langsung dibuka oleh Pembina Dekranas Ibu Negara Iriana Jokowi didampingi Ketua Umum Dekranas Wuri Ma’aruf Amin, Pj. Ketua Dekranas Provinsi Jawa Tengah, Ketua Dekranasda Kota Surakarta, Ketua Pelaksana Peringatan HUT Dekranas dan UKM Expo Tahun 2024, dengan melakukan pemukulan gong.

“Di hari yang istimewa ini, saya mengucapkan selamat ulang tahun Dekranas yang ke44 tahun 2024. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, secara resmi saya buka Dekranas Expo 2024,” ucap Ibu Negara Iriana.

Rangkaian kegiatan HUT ke-44 Dekranas dilaksanakan sejak tanggal 14 hingga 18 Mei 2024.

Dilansir akun resmi Dekranas, perayaan HUT ke-44 Dekranas Tahun 2024 mengusung tema ‘Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa’.

Acara ini menampilkan berbagai macam kegiatan dan hiburan, seperti penampilan musik dari artis-artis terkenal Indonesia, kirab budaya dan parade mobil hias kriya yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta.

Ketua Dekranas Wuri Ma’aruf Amin mengatakan, selama 44 tahun ini Dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia untuk bisa dilirik di mata internasional.

Ia meminta para pelaku usaha terus adaptif, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran.

“Namun perjalanan ini bukan berarti tanpa hambatan. Hari ini kita menghadapi berbagai dinamika yang menuntut kita untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dengan kondisi ekonomi global yang sedang berlangsung yang menjadi ujian bagi kita semua. Tetapi juga merupakan peluang dengan kreativitas dan keuletan,” ujarnya.

Ketua Panitia Dekranas Expo 2024 Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, rangkaian HUT Dekranas diawali pada Mei lalu dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan dan workshop, serta bazar sembako murah.

Puncak peringatan dimulai hari ini, yang dimulai di Ballroom Hotel Alila Solo, dihadiri sekitar 1.500 tamu undangan. Dilanjutkan dengan parade mobil hias dan kirab budaya Dekarnas 2024, dengan rute dari Stadion Sriwedari sampai Pura Mangkunegaran. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda