Ibu-Ibu ke Satgas TMMD Kodim 0212/TS: Semangka Untuk Pak Tentara

95

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0212/TS di Desa Hutaraja Lamo Kecamatan Sosa, Palas, semakin mengunggah peran aktif warganya untuk mensukseskan program yang dipelopori oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD).

Hal itu tercermin dengan menyatunya segenap komponen masyarakat. Baik itu tua maupun kaum muda, dan laki-laki serta perempuan. Tanpa diminta, mereka bahkan gegap gempita serta merta membantu TNI menuntaskan pekerjaan fisik di desanya.

Untuk kalangan ibu-ibu, mereka seolah tidak mau ketinggalan apalagi kalah dari peran suaminya. Dengan semangat tinggi, mereka ambil peran menurut kemampuan dan daya masing-masing terkait hal apa yang bisa dilakukan guna membangun permukimannya.

Kebaikan hati para kaum hawa tersebut tampak terpancar jelas. Secara ikhlas dan penuh antusias, ibu-ibu tersebut membagikan potongan buah semangka sekedar pelepas dahaga kepada Satgas TMMD dan warga di sela aktivitasnya mengerjakan proses pengecoran jalan.

Pun demikian sebagian ibu-ibu lainnya. Mengemas makanan, minuman, serta kebutuhan lain yang dipandang perlu tetap standby, mereka siapkan di lokasi. Kaum ibu-ibu itu cukup peka akan terik dan menyengatnya panas matahari akan menguras energi para pekerja.

“Berbagai kebutuhan logistik maupun seberapa banyak jumlahnya disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Partisipasi tersebut, merupakan bentuk kepedulian kaum ibu untuk mendukung kesuksesan pembangunan di desa ini,” kata Kepala Desa Hutaraja Lamo, Ali Atas Hasibuan.

Sumber pendanaannya sendiri, ungkap kades, murni berasal dari partisipasi ibu-ibu. Mereka menganggap, semua itu merupakan bagian dari amal ibadahnya dan bentuk sumbangsihnya membantu pembangunan desa. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda