Heboh Penemuan Garam Menyerupai Kaca di Kota Solok

0

PARIAMAN-SUMBAR, BERITAANDA – Masyarakat Sumbar dalam sepekan terakhir sempat dibuat was-was dengan beredarnya isu garam mengandung bahan menyerupai kaca. Hingga kini, belum bisa dipastikan jenis bahan apa yang tercampur didalam garam tersebut.

Kasus tersebut ditemukan pedagang makanan ringan di daerah Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok, Provinsi Sumatera Barat.

Menurut keterangan Khamira (40), pemilik usaha makanan ringan tersebut, butiran yang menyerupai kaca ditemukan dalam campuran garam merk KNA. Ketika itu, kata dia, ia hendak mempergunakan garam itu untuk adonan makanan ringan yang diproduksinya.

Cemas garam yang dipakainya akan membahayakan konsumen, Khamira menghentikan proses pembuatan makanan ringan tersebut, dan memilih melaporkan temuannya ke Dinas Koperindag Kota Solok.

Sementara itu, Wiha, pedagang makanan di Kota Pariaman, mengaku tidak mengetahui isu beredarnya garam yang bercampur kaca tersebut.

“Saya dulu sempat menggunakan garam merk KNA, produksi PD Kurnia tersebut. Memang di garam merk itu terkadang ada garam yang tidak bisa larut dalam air dan bentuknya seperti kristal,” tuturnya, Senin (4/9/2017).

Menurutnya lagi, garam keras biasa bukan sebuah kaca seperti isu yang beredar di Kota Solok.

Beberapa penjual sembako di Kota Pariaman bahkan tidak mengetahui adanya isu ini. Menurut mereka, selama ini garam tersebut tetap laku terjual dan tidak ada keluhan seperti yang terjadi di Kota Solok. (Faris)

Bagaimana Menurut Anda