Hasil IDM, Tinggal 1 Desa Lagi yang Masuk Kategori Tertinggal di Tulung Selapan OKI

196
M. Davies selaku Kabid Peningkatan Sarana Prasarana, Penanggulangan Kemiskinan dan Evaluasi Perkembangan Desa pada DPMD OKI.

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini ada 341 desa yang tersebar dalam 18 kecamatan. Dari jumlah desa tersebut dikelompokkan menjadi empat kategori yaitu desa tertinggal, berkembang, maju dan mandiri.

Berdasarkan hasil survey Indeks Desa Membangun (IDM), ternyata di Kecamatan Tulung Selapan paling banyak terdapat desa yang masuk kategori tertinggal. Namun perlahan berubah dan kini menyisakan 1 desa lagi.

“Dari 314 desa, terdapat desa tertinggal semua di Kecamatan Tulung Selapan. Pada tahun 2020 ada 10 desa, tahun 2021 ada 6 desa, tahun 2022 ada 5 desa, dan di tahun 2023 ini bersisa 1 desa lagi,” kata M. Davies selaku Kepala Bidang Peningkatan Sarana Prasarana, Penanggulangan Kemiskinan dan Evaluasi Perkembangan Desa pada DPMD OKI, Rabu (30/8/2023).

Kata dia lagi menjelaskan, bahwa 1 desa tersebut adalah Simpang Tiga Makmur.

“Mungkin karena letak geografis, di Tulung Selapan banyak desa yang masuk kategori desa tertinggal. Tapi kini hanya ada 1 desa lagi yaitu Simpang Tiga Makmur,” ujar dia seraya mengaku data update IDM baru ia dapat.

Desa Simpang Tiga Makmur penduduknya berjumlah 3.240 jiwa dengan luas wilayah 19.000 ha. Jelas dia, jika dilihat dari hasil pengukuran IDM, ketahanan ekonomi dan sosial di desa tersebut masih kurang, tapi lingkungan sudah standar nilainya.

“Pengkategorian desa, baik tertinggal, berkembang, maju dan mandiri itu atas dasar hasil pengukuran melalui survey IDM, dilihat dari ketahanan ekonomi, sosial dan lingkungan desa,” jelas dia.

Penilaian tiga sektor ketahanan itu kemudian dikalkulasikan, hasilnya kemudian jadi acuan masuk kategori mana desa dimaksud. Untuk 2023 ini sudah dilakukan lagi pengukuran IDM bagi 314 desa di wilayah Kabupaten OKI.

“Sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang dilakukan oleh pendamping desa dan pendamping lokal desa dengan hasil pengukuran, Simpang Tiga Makmur masih masuk kategori desa tertinggal,” tandas dia.

“Untuk kategori desa mandiri, ada dua yaitu Desa Mulya Jaya Kecamatan Mesuji Raya dan Tugumulyo kecamatan Lempuing. Sedangkan kategori desa maju ada 54 dan berkembang ada 257 desa, tersebar di 18 kecamatan,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda