Hadapi Pilkades Serentak, BPD Diminta Siapkan Panitia Pemilihan

103
Bayu Dwiharsono. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sekadau Bayu Dwiharsono menegaskan, tugas utama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang telah dilantik segera menyusun struktur.

“Bentuk struktur seperti ketua, sekretaris dan bendahara serta anggota,” kata Bayu.

Bagi ke-68 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada bulan Oktober mendatang, Bayu berharap anggota BPD yang telah dilantik agar mempersiapkan penyusunan kepanitian pilkades.

“BPD akan menjadi penyelenggara pemilihan kepala desa di masing-masing desa yang akan melaksanakan pemilihan,” ungkap dia.

Ia juga mengingatkan agar anggota BPD dalam menjalankan roda pemerintahan di desa tidak bertentangan dengan kepala desa.

Sebelumnya, sebanyak 611 anggota BPD dari 87 desa di Kabupaten Sekadau diambil sumpah serta janjinya oleh Bupati Rupinus, bertempat di halaman kantor bupati setempat, Kamis (13/6/2019).

Pengambilan sumpah dan janji anggota BPD tersebut berdasarkan Pasal 15 Paragraf, 2 Ayat (3) Peraturan Daerah Kabupaten Sekadau Nomor 4 Tahun 2017 tentang BPD, bahwa pengucapan sumpah/janji anggota BPD dipandu oleh bupati atau pejabat yang ditunjuk paling lama 30 hari sejak diterbitkannya keputusan bupati mengenai peresmian anggota BPD. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda