Gus Irawan Pasaribu Nyatakan Siap Maju di Pilkada Tapsel

238
Berangkat dari perintah Partai Gerindra dan permintaan keluarga (Yayasan H. Hasan Pinayungan Pasaribu) serta aspirasi masyarakat, Anggota DPR RI, H. Gus Irawan Pasaribu nyatakan kesiapannya maju di Pilkada Tapsel 2024.

TAPANULI SELATAN, BERITAANDA – Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu SE AK MM CA untuk pertama kalinya menyatakan kesiapan diri untuk maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tapanuli Selatan (Tapsel) tahun 2024.

“Berangkat dari banyaknya permintaan masyarakat, ditambah hasil rapat keluarga dan penugasan partai, dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya siap maju di Pilkada Tapsel tahun ini,” tegas Gus Irawan di acara sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Tapsel, Cottage MPM Parsorminan, Sipirok, Jumat (7/6/2024).

Sarasehan ini juga dihadiri pengurus dan anggota Perhimpunan Purnabakti Aparatur Sipil Negara (PPASN) Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel).

Gus menjelaskan, sudah sangat banyak masyarakat menyampaikan keluhan tentang kondisi pemerintahan Tapsel saat ini kepadanya. Kemudian ternyata keluhan itu juga disampaikan kepada saudara-saudaranya pendiri Yayasan H. Hasan Pinayungan Pasaribu.

“Katanya, Tapsel yang pada kepemimpinan Tapsel periode sebelumnya yaitu Bang Syahrul Pasaribu sudah cukup maju. Tetapi akhir-akhir ini mengalami kemerosotan, seperti di bidang pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Semua ini terungkap dalam rapat keluarga usai halal bi halal Yayasan H. Pinayungan di Sentul Bogor, sebagai tuan rumahnya abang tertua mereka Prof. H. Bomer Pasaribu.

Setelah menghimpun seluruh keluhan masyarakat yang diterima para pendiri yayasan, maka disimpulkan dan dimintalah Gus Irawan maju jadi calon Bupati Tapsel di Pilkada serentak 2024.

Berselang dua hari setelahnya, ternyata Ketua Umum DPP Partai Gerindra yang juga Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto, menugaskan kader-kader terbaiknya maju di Pilkada. Termasuk Gus Irawan ditugaskan untuk maju di Pilkada Tapsel.

“Penugasan ketua umum kepada saya itu disampaikan langsung oleh Ketua Harian Gerindra yakni Bapak Prof. DR. Sufmi Dasco Ahmad pada saat Rakornas 7 Mei di Jakarta,” terang Gus Irawan.

Dari beberapa info yang diperoleh dari petinggi partai, Gus Irawan menjadi bagian dari yang dipertimbangkan pada kabinet mendatang. Belakangan sebagai kader potensial, dia ditugaskan maju di Pilkada Tapsel.

Tujuannya untuk mengawal dan menyukseskan program pemerintah mendatang di bawah pimpinan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Seperti program makan bergizi gratis dan ketahanan pangan (bidang pertanian) yang sangat potensial di Tapsel.

Jadi majunya Gus di Pilkada Tapsel ini membawa dua misi sekaligus, misi keluarga dan misi partai untuk memastikan program prioritas pemerintahan mendatang berjalan baik di Tapsel. Karenanya Gus Irawan didukung sepenuhnya oleh keluarga dan partai.

Gus Irawan yang sudah dua periode menjadi anggota DPR RI dan terpilih kembali untuk periode yang ketiga dari dapil Sumut 2 di Pemilu 2024 kemarin, menyebut patuh pada penugasan partai dan keputusan keluarga besar H. Hasan Pinayungan Pasaribu.

Keputusan ‘turun gunung’ untuk mewujudkan ‘Tapsel Kembali Bangkit’ ini tidak diputuskan dengan begitu saja. Tetapi juga didorong oleh adanya survey yang menghendaki pergantian kepala daerah karena ketidakpuasan atas kinerja pemerintah daerah yang sangat tinggi.

Ternyata secara akademis, keluhan masyarakat Tapsel yang mereka terima selama kurun waktu belakangan ini memang benar adanya yang terkonfirmasi melalui survey tersebut.

Ketika ditanya tentang parpol pengusung di Pilkada, Gus Irawan mengatakan sedang berkoordinasi dengan partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan partai lainnya mulai dari tingkat daerah sampai tingkat pusat.

Dukungan Keluarga

Terpisah, Hj. Lisliwati Pasaribu S.Ag yang ditemui wartawan di Yayasan H. Hasan Pinayungan Pasaribu, Jalan MT Haryono, Kampung Marancar, Padangsidimpuan, membenarkan bahwa keluarga besar mereka meminta Gus Irawan maju di Pilkada Tapsel.

Hj. Lisliwati Pasaribu ketika ditemui wartawan di Yayasan H. Hasan Pinayungan Pasaribu, Jalan MT. Haryono, Kampung Marancar, Padangsidimpuan.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Gus Irawan, anak-anak almarhum H. Hasan Pinayungan Pasaribu dan almarhumah Hj. Alimah Pakpahan telah banyak menerima keluhan masyarakat tentang kondisi Tapsel yang sekarang.

“Benar, ini hasil rapat keluarga besar H. Hasan Pinayungan pada acara halal bi halal tanggal 4 dan 5 Mei kemarin. Alasannya, marwah Pemkab Tapsel dan marwah keluarga harus diselamatkan,” jelas Kak Lis, panggilan akrabnya.

Dikatakan dia, rapat itu dihadiri mayoritas atau lebih 80 persen anggota keluarga dan dipimpin abang tertua H. Bomer Pasaribu. Semua merasa bertanggungjawab atas kondisi kemerosotan Tapsel yang sekarang.

Karena itulah seluruh peserta rapat keluarga besar tersebut meminta Gus Irawan untuk maju di Pilkada Tapsel tahun 2024 ini. [AS]

Bagaimana Menurut Anda