‘Gelapkan’ Mobil Milik Warga Mesuji, Edi Sutopo Akhirnya Berhasil Diamankan Polisi

0

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Lantaran telah menipu dan menggelapkan satu (1) unit mobil jenis Suzuki APV dengan nopol B 8835 DJ milik korbannya Legiamin, warga Desa Sumber Deras Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan. Edi Sutopo (34) terpaksa diamankan aparat kepolisian berikut barang bukti.

Pria yang merupakan warga Dusun II Rt 04 Kecamatan Lempuing OKI ini ditangkap saat berada di salah satu rumah warga di Blok A Desa Jaya Bakti Kecamatan Mesuji OKI oleh jajaran Polsek Mesuji yang dipimpinan langsung Kapolsek Mesuji AKP Darmanson SH sekira pukul 03.00 Wib, Selasa (15/5/2018) dini hari.

Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH.,MH didampingi Kapolsek Mesuji AKP Darmanson SH melalui Kasubag Humas Polres OKI IPDA Ilham Parlindungan saat dikonfirmasi, membenarkan bahwa tersangka ditangkap karena telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan 1 unit mobil milik korbannya.

“Pada hari Senin 8 Januari 2018, korban Legiamin (pelapor -red) yang telah berkomunikasi dengan pelaku via telepon bermaksud untuk menjualkan satu (1) unit mobil merk Suzuki APV nopol B 8835 DJ miliknya, dan tersangka Edi menyetujui untuk membeli mobil korban,” kata Ilham.

Kemudian pada hari Selasa 9 Januari 2018 sekira pukul 14.00 Wib, masih kata Ilham, datang dua (2) orang laki-laki ke rumah korban di Desa Sumber Deras Mesuji OKI dan mengaku utusan tersangka Edi disuruh mengambil mobil korban. Mendapati itu, korban pun menelpon tersangka Edi terkait kejelasan dua (2) orang tersebut.

“Ditelepon, tersangka Edi menjelaskan bahwa memang benar dua (2) orang tersebut merupakan utusannya untuk mengambil mobil korban, yang salah satunya bernama Iwan. Setelah itu, korban pun menyerahkan mobil dan STNK-nya dengan perjanjian pembayaran akan dibayar pada tanggal 15 Februari 2018,” ujar Ilham.

Setelah jatuh tempo tanggal yang telah ditentukan, kata Ilham lagi, korban menghubungi tersangka Edi dan menanyakan uang penjualan mobilnya. Dan dijawab tersangka Edi agar korban mengirimkan nomor rekening. Namun setelah korban mengirimkan ke tersangka via SMS, akan tetapi tidak juga dikirim oleh tersangka pembayarannya.

“Lalu pada 22 Februari 2018, korban meminta bantuan keponakannya yaitu Bripda Wahyu, untuk menanyakan uang penjualan mobilnya kepada tersangka. Kemudian Bripda Wahyu ingin menanyakan dan mencari tersangka ke rumahnya, akan tetapi tidak pernah bertemu,” tutur Ilham.

Ketika dihubungi lagi via Hp, lanjut Ilham, tersangka kembali menjelaskan bahwa segera akan mengirim uang pembayaran tersebut. Dan lagi-lagi meminta nomor rekening. Namun nyatanya sampai saat ini tidak juga dibayar oleh tersangka. Didatangi lagi ke rumahnya, tetapi pelaku tidak pernah berada di rumah, dan ditanya ke istrinya selalu dijawab bahwa tidak tahu pergi kemana.

“Setelah itu nomor Hp tersangka tidak aktif lagi. Dan setelah diselidiki, ternyata mobil korban sudah dijual oleh tersangka kepada warga Tugu Jaya Kecamatan Lempuing. Karena merasa tertipu, korban akhirnya melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Mesuji untuk diproses secara hukum,” pungkas Ilham. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda