FGD RZWP3K Hingga Kini Belum Juga Selesai

0

BELTIM-BABEL, BERITAANDA – Forum Grup Diskusi Ruang Zonasi Wilayah Pulau-Pulau Kecil (FGD RZWP3K) digelar di ruang rapat Bupati Belitung Timur (Beltim), Selasa (18/9/2018).

Hal ini menyangkut aspirasi masyarakat Beltim untuk dijadikan bahan masukan oleh Pemerintah Provinsi Bangka Belitung guna membuat rancangan peraturan daerah (raperda), khususnya penentuan zona pesisir dan pulau kecil serta zona wilayah pertambangan laut.

Rapat tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Belitung Timur Drs Burhanuddin, juga mengundang semua kepala desa se-Belitung Timur, para camat, penggiat kelautan dan perikanan, serta sejumlah nelayan pesisir yang berdampak.

Sementara itu, Kepala Bappeda Provinsi Babel Ferry Insani menjelaskan bahwa, rapat ini jangan dijadikan adu jotos mencari kalah dan menang, namun lebih mengedepankan penyampaian pendapat secara provorsional. Karena hasil dari rapat ini akan dijadikan bahan untuk menentukan arah kebijakan penetapan raperda menjadi perda zonasi laut.

“Pada tanggal 20 Desember 2017 yang lalu kita sudah melakukan konsultasi publik, namun tidak tercapai kesepakatan. Semua masukan dari masyarakat yang terdampak akan dibawa ke Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ungkap Fery.

Lebih lanjut Ferry menerangkan, pembahasana hari bukan merupakan tahap akhir dan penentu.

“Setelah ini kita akan adakan yang namanya konsultasi publik (KP) dan konsultasi teknis (KT). Dokumen ini baru kita anggap selesai yang kemudian akan dibawa ke DPRD Provinsi (untuk digodok -red),” terangnya.

“Saya salut dan apresiasi sama warga Beltim yang menciptakan situasi kondusif. Semua masukan akan kita tampung, namun kita juga harus perhatikan kepada hak-hak pengusaha yang sudah CNC dan kita juga akan perhatikan CSR-nya. Ditegaskan tadi kalau masih ada konflik sosial di masyarakat, mereka (yang punya izin IUP-red) tidak bisa nambang,” pungkas Ferry. (Helmi M Fadhil)

Bagaimana Menurut Anda