DPRD Setujui Ranperda APBD Nias Tahun 2019

0

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Nias bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat menggelar rapat paripurna dalam rangka menyepakati dan pengambilan keputusan persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD tahun 2019 di ruang rapat DPRD, Gunungsitoli Selatan, Senin (26/11/2018).

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli MM menjelaskan bahwa penyusunan rancangan APBD Kabupaten Nias tahun 2019 telah melalui tahapan pembahasan sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yang diawali dengan pembahasan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Nias tahun 2019 oleh Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nias.

“Hal ini juga telah disepakati dalam nota kesepakatan antara pemerintah kabupaten dengan DPRD Kabupaten Nias tentang KUA dan PPAS APBD tahun 2019 pada tanggal 12 November 2018, dan dilanjutkan pada tahapan rapat paripurna dan rapat badan anggaran DPRD Kabupaten Nias dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Nias,” jelasnya.

Selanjutnya, dalam rancangan APBD Kabupaten Nias tahun 2019 masih terdapat aspirasi dan usulan kegiatan pembangunan fisik yang belum sepenuhnya terakomodir.

“Hal ini disebabkan karena keterbatasan sumber pendapatan daerah yang tersedia, sehingga kita lebih mengutamakan pengalokasian anggaran untuk membiayai kebutuhan yang sangat prioritas dan secara nyata dibutuhkan dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan hingga akhir tahun anggaran 2019,” ungkapnya.

Bupati juga menjelaskan bahwa pengalokasian anggaran pembangunan harus mempedomani Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias tahun anggaran 2019.

“Namun demikian, Pemerintah Kabupaten Nias bersama-sama dengan DPRD senantiasa berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan yang optimal dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan secara berkelanjutan, sebagai wujud tanggung jawab pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Nias menyampaikan ucapan terimakasih kepada DPRD atas persetujuan terhadap rancangan peraturan daerah tentang APBD Kabupaten Nias tahun anggaran 2019.

“Terimakasih atas berbagai saran dan pendapat yang telah diberikan selama proses pembahasan antara Badan Anggaran DPRD Kabupaten Nias dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Nias serta perangkat daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias,” jelas dia.

Dalam pendapat akhir Bupati Nias, menyampaikan bahwa penyusunan ranperda tentang APBD 2019 ini telah melalui proses dan jadwal yang telah ditetapkan.

“APBD Kabupaten Nias tahun 2019 yakni pendapatan daerah Rp808.255.467.151, sementara belanja daerah Rp834.855.467.151,” jelas Sokhiatulo. (Ganda-Nias)

Bagaimana Menurut Anda