DPD KNPI Kota Gunungsitoli Himbau Pemuda dan Masyarakat Lestarikan Goa Togindrawa

242

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Gunungsitoli melaksanakan gotong-royong di kawasan objek wisata Goa Togindrawa yang berada di Desa Lelewönu Niko’otanö, Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Sabtu (7/9/2019) lalu.

Ketua DPD KNPI kota Gunungsitoli Kariaman Zebua, S.Pd, MM ketika ditemui, Rabu (11/9/2019) mengatakan, kegiatan gotong-royong yang dilaksanakan oleh kami bukan yang pertama kali di Kota Gunungsitoli. Tujuan utama kegiatan ini adalah mengajak dan memotivasi seluruh elemen masyarakat untuk bisa sadar wisata dengan menjaga dan melestarikan Goa Togindrawa tersebut setelah dibenahi oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli.

“Pada waktu kami kesana, ada banyak ditemui coretan dinding goa yang sudah lama, sehingga kami (KNPI) langsung bergerak membersihkannya, agar nilai eksotis goa tidak hilang. Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat terutama pengunjung supaya tidak mencoret dan merusak fasilitas yang telah dibangun di sekitar gua, serta bisa menjaga kebersihan dan keindahan Goa Togindrawa,” ujar Kariaman Zebua.

Pada kesempatan itu, Kariaman mengapresiasi Pemerintah kota Gunungsitoli yang telah menata Goa Togindrawa jadi kawasan wisata bagi masyarakat.

“Kawasan wisata Goa Togindrawa merupakan aset wisata dengan objek indah setelah ditata oleh Pemerintah Kota Gunungsitoli. Kita berharap kepada seluruh elemen agar aset wisata ini dapat dilestarikan dan dijaga terus dengan menjaga kebersihan, sehingga pengunjung bisa merasa nyaman. Untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, alangkah bagusnya kiranya ada penerangan listrik, kamar mandi, sistem pembuangan sampah,” harap Kariaman.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Desa Lelewönu Niko’otanö, DPD KNPI kota Gunungsitoli juga memberikan cinderamata berupa pena dan botol tempat air minum kepada masyarakat setempat. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda