Ditlantas Polda Sumsel Raih Peringkat 3 IRSMS Award Kategori Polda Tipe A

7

PALEMBANG, BERITAANDA – Kepolisian Daerah Sumatera Selatan melalui Direktorat Lalu Lintas kembali menorehkan tinta emasnya dengan meraih peringkat 3 IRSMS Award dan menerima penghargaan Kakorlantas Polri pada rakernis fungsi lalu lintas tahun 2024 di Yogyakarta, Kamis (13/6/2024) lalu.

Penghargaan ini diraih atas pencapaian pelaporan penggunaan aplikasi Data Laka Lantas Online IRSMS kategori Polda Tipe A setelah Polda Jawa Timur dan Polda Aceh.

Kapolda Sumsel Irjen A. Rachmad Wibowo melalui Dirlantas Kombes M. Pratama Adhyasastra mengatakan, IRSMS (Integrated Road Safety Management System) merupakan aplikasi terobosan Korlantas Polri yang telah digunakan semenjak tahun 2013 lalu, berfungsi untuk memantau dan mendata secara detail kecelakaan lalu lintas di seluruh Indonesia.

“Data IRSMS sendiri berisi tentang anatomy of traffic accidents (anatomi kecelakaan lalu lintas), terkait faktor manusia, kendaraan, jalan dan cuaca, yang diinput langsung oleh personel yang menangani kecelakaan lalu lintas yang ada di Polres/tabes maupun di Polda seluruh Indonesia. Melalui kumpulan data mendetail tersebut, kepolisian bisa mengambil langkah preventif jangka panjang dan jangka pendek untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan di lokasi-lokasi tertentu,” urainya, Sabtu (15/6/2024).

“Setiap tahun Korlantas Polri mengadakan IRSMS Award terkait kecepatan, ketepatan, kelengkapan Data Laka Lantas yang dilakukan oleh petugas yang ada di Polres/tabes dan Polda seluruh Indonesia. Dan Alhamdulillah Polda Sumsel kembali meraih prestasi IRSMS Award tahun ini,” imbuhnya.

Integrated Road Safety Management System Award 2024 merupakan penghargaan yang diberikan Korps lalu lintas bersama PT Jasa Raharja kepada Polda dan Polres jajaran yang berprestasi menangani dan pendataan kecelakaan lalu lintas di tahun 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Dr. Drs Aan Suhanan M.Si dan diterima Dirlantas Polda Sumsel Kombes M. Pratama pada acara rakernis lalu lintas Polri yang tahun ini diadakan di Yogyakarta.

Dengan pencapaian yang diraihnya tersebut, Kombes Pratama mengaku akan semakin memacu kinerja operator IRSMS Polda Sumsel dan Polres/tabes jajaran Polda Sumsel untuk dapat bekerja lebih baik lagi kedepan.

“Tentu ini menjadi pemacu semangat kami dari Ditlantas Polda Sumsel dan jajaran untuk bekerja lebih baik lagi, memberikan pelayanan yang terbaik untuk keselamatan berlalu lintas masyarakat Sumatera Selatan,” tutupnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda