Dinanti Masyarakat, Usulan Infrastruktur Jalan dan Air Bersih di Air Sugihan OKI Diharapkan Jadi Prioritas

69

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Pembangunan infrastruktur jalan dan penyediaan air bersih merupakan kebutuhan urgen dan dinanti masyarakat, sehingga usulan disampaikan dalam kegiatan musrenbang tingkat Kecamatan Air Sugihan Ogan Komering Ilir (OKI) ini tentu diharapkan menjadi prioritas untuk direalisasikan.

Kegiatan musrenbang tersebut digelar di aula rapat kantor Kecamatan Air Sugihan, dihadiri unsur Tripika, Kades, PKK, Kepsek, KUA, Pimpinan Puskesmas, perwakilan perusahaan dan tamu undangan lainnya, yang dipimpin langsung Camat Air Sugihan Ardhiles P Raja Siahaan ST dan pihak Bappeda OKI, Selasa (5/3/2024).

“Sesuai dengan kegiatan kita hari ini yaitu musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Air Sugihan untuk penyusunan rencana program kegiatan tahun 2025. Maka dari itu, marilah kita sampaikan rencana pembangunan apa saja kedepan,” ujar Ardhiles dalam sambutannya.

Sebelumnya, usulan program pembangunan hasil dari musrenbang desa akan dibawa ke tingkat selanjutnya, sudah diajukan melalui SIPD. Lanjut Ardhiles, jadi tidak manual lagi atau bentuk hard copy. Atas kecanggihan teknologi, kini diinput ke aplikasi tersebut.

“Program usulan pembangunan dari 19 desa di wilayah Kecamatan Air Sugihan ini telah diajukan melalui SIPD. Kami berharap segala usulan yang disampaikan bisa dibahas pada tingkat kabupaten, karena begitu banyak permasalahan yang ada disini agar bisa terselesaikan,” tandas Ardhiles.

Usulan infrastruktur fisik terutama jalan, hal ini sangat dinanti masyarakat, agar kedepan bisa terselesaikan walaupun secara bertahap. Lanjut Ardhiles, beberapa waktu lalu telah digelar ground breaking pembangunan sarana air bersih, kebetulan ada perusahaan yang mau membantu.

“Harapan kita, untuk menjawab kebutuhan air bersih bagi masyarakat itu agar terus dikawal baik oleh Pemkab OKI maupun OPD terkait, sehingga segera terealisasi. Dengan begitu, permasalahan air bersih yang selama ini telah dirasakan masyarakat, terpenuhi atas mulai beroperasinya sarana tersebut,” ucap Ardhiles.

Sementara itu, Kepala Bappeda OKI Aidil Azwari SP M.Si melalui Kabid Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah pada Bappeda OKI Dr. H. Taslim S.Sos M.Si mengatakan, hal itu tentu akan menjadi prioritas yang akan direalisasikan.

“Kebutuhan akan infrastruktur jalan ini sangat mendesak atau urgent, tetapi karena luasnya wilayah Kabupaten OKI, seolah tak pernah dituntaskan, padahal tiap tahunnya selalu diprioritaskan. Hal ini karena keterbatasan anggaran,” jelas Taslim dalam sambutannya.

Namun percayalah, kata dia, pemenuhan infrastruktur fisik seperti jalan dan lainnya tetap menjadi prioritas. Tetapi sekali lagi, mengingat keterbatasan anggaran sehingga realisasinya dilakukan secara skala prioritas, dan ini akan terus dilaksanakan, baik 2025 hingga seterusnya.

“Terkait air bersih, perlu diketahui, sedekah terbaik adalah air, maka itu mari kita berjuang bersama untuk mewujudkan tersedianya air bersih bagi masyarakat Air Sugihan. Dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang ingin berkontribusi,” tandas Taslim

Padli selaku Kades Kerta Mukti sekaligus Ketua Forum Kepala Desa Air Sugihan, pada giat ini sebenarnya mengaku kecewa atas realisasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, seperti disebutkan tadi. Karena musrenbang digelar tahun 2023 lalu sepakat lebih difokuskan infrastruktur jalan utama atau kabupaten.

“Kami para kades telah membuat komitmen menyepakati agar pembangunan di wilayah Air Sugihan ini fokuskan dulu pada infrastruktur jalan kabupaten, karena ini mendesak. Untuk infrastruktur jalan dalam desa biarlah, bagaimana pun caranya, nanti coba perlahan kami upayakan,” tegasnya.

Namun bukan berarti menyampingkan kebutuhan lainnya, seperti kesehatan dan pendidikan, itu juga prioritas. Tapi saat ini pembangunan infrastruktur jalan penghubung antar desa sangat dibutuhkan, sebab nyaris semua kondisi rusak, apalagi musim penghujan seperti sekarang.

“Untuk perusahaan, tolong juga dibantu, kan kami juga telah ajukan proposal. Masa iya perlu kami berlaku tegas, bila perlu berdemo. Kepada Pemkab OKI supaya bisa mendorong forum CSR Kabupaten OKI, koordinasikan dengan pihak perusahaan,” desak Padli. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda