Devisit Daya 3 Megawatt, PLN Sekadau Lakukan Pemadaman Bergilir

240
Kondisi sudut Kota Sekadau yang gelap akibat pemadaman listrik, Selasa (20/8/2019) malam.

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemadaman listrik kembali terjadi di Kabupaten Sekadau. Separuh Kota Sekadau arah Sintang sejak pukul 18.00 Wib sampai 22.00 Wib gelap gulita, Selasa (20/8/2019) malam.

Kepala PLN Rayon Sekadau Rumeo Pujiantor ST saat dikonfirmasi mengakui, pemadaman dilakukan sebagai akibat devisitnya suplay dari mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Suak Payung Sekadau.

“Devisit daya disebabkan banyaknya mesin yang mengalami kerusakan, dan berakibat pada terbatasnya daya until suplay ke pelanggan,” kata Rumio.

Rumio menjelaskan bahwa kebutuhan daya untuk suplay ke pelanggan sebesar 8 megawatt, sedangkan kemampuan suplay daya dari mesin yang beroperasi saat ini hanya 5 megawatt.

‚ÄúDevisit daya sebesar 3 megawatt,” sambung Rumio.

Kondisi devisit suplay daya ini sebenarnya sudah berlangsung cukup lama. Meski demikian, PLN Rayon Sekadau beberapa waktu terakhir dibantu suplay daya oleh PLTU Sanggau.

“Saat ini PLTU Sanggau dalam masa pemeliharaan, sehingga tidak dapat menyuplai daya sepenuhnya ke jaringan PLN Rayon Sekadau,” tambah dia.

Akbatnya, PLN Rayon Sekadau harus melakukan pemadaman bergilir ke sejumlah wilayah di Sekadau dan menyuplay daya dengan kemampuan kapasitas mesin yang beroperasi.

“Perbaikan di mesin masih juga kita upayakan,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda