Desa Tanjung Sekadau Hilir, Kampung Awas Pemilukada Pertama di Kalbar

65

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Barat (Kalbar) Ruhermansyah SH, Kamis (19/9/2019) sore, melaunching Kampung Awas Pemilukada 2020 di Kabupaten Sekadau.

Adalah Desa Tanjung Sekadau Hilir yang dipercayakan menjadi desa awas pemilu.

Ketua panitia kegiatan, Ricardus Paskalis menjelaskan, bahwa launching Kampung Awas Pemilukada ini merupakan bagian dari usaha Bawaslu untuk menekan pelanggaran pemilu.

“Keterlibatan masyarakat secara utuh dalam mengawal jalannya pemilu merupakan kesuksesan dengan tolak ukur tidak munculnya konflik dan gugatan, atau pemilu ulang yang membebani anggaran negara,” papar Paskalis yang juga Kepala Sekretariat Bawaslu Sekadau itu.

Menanggapi ditunjuknya Desa Tanjung Sekadau Hilir sebagai Kampung Awas Pemilukada, Samsudin selaku kepala desa setempat menyatakan, masyarakatnya menyambut baik hal itu. Dan ia pun berterimkasih kepada Bawaslu Provinsi Kalbar dan Kabupaten Sekadau.

“Selama pelaksanaan pemilu, Desa Tanjung Sekadau Hilir tetap dalam situasi aman serta kondusif,” kata Samsudin.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar, Ruhermanyah juga menegaskan, bahwa dibentuknya Kampung Awas Pemilukada bertujuan mengantisipasi adanya pelanggaran dan kecurangan dalam pemilu.

“Upaya pencegahan pelanggaran pemilu dengan sinergisitas bersama pemerintah desa. Salah satu program Bawaslu adalah pengawasan dari tingkat desa yang juga sejalan dengan program gubernur menjadikan desa maju di seluruh Kalbar,” papar Ruhermansyah.

Desa Tanjung Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau ini merupakan desa pertama yang dilaunching Bawaslu sebagai Kampung Awas Pemilukada di Kalbar. Sebelumnya dalam penyambutan, Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah didaulat untuk menggunting vita Tugu Kampung Awas Pemilukada.(Arni)

Bagaimana Menurut Anda