Danrem 043/Gatam Ikuti Grand Launching Aplikasi Pelayanan Perizinan Penyelenggaraan Event

8

BANDAR LAMPUNG, BEROTAANDA – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah SE MM bersama Kapolda Lampung mengikuti grand launching aplikasi pelayanan perizinan penyelenggaraan event yang dipimpin oleh Presiden RI dan Kapolri secara virtual, bertempat di ruang vicon Mapolda Lampung, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan, Senin (24/6/2024).

Aplikasi pelayanan perizinan penyelenggaraan event yang diluncurkan merupakan layanan digital, dirancang untuk mempermudah proses perizinan acara di Indonesia. Dengan demikian, penyelenggara event tidak perlu lagi mengajukan perizinan berulang dari satu kantor ke kantor lainnya, dan tidak perlu lagi melalui proses berbelit-belit.

Pada kesempatan tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo M.Si dalam laporannya kepada Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan ada 500 tamu undangan penerima manfaat pelayanan digital perizinan, yang terdiri dari penyelenggara event, promotor, asosiasi yang bergerak di bidang penyelenggara event, artist, penyelenggara venue konser, serta diikuti juga para Forkopimda dan pelaku industri kreatif yang ada di 34 provinsi secara virtual.

“Berangkat dari adanya aspirasi pelayanan perizinan penyelenggaraan event yang mudah dan arahan serta bimbingan bapak Presiden RI, melalui kolaborasi 8 kementerian dan lembaga pemerintah, siap meluncurkan pelayanan digital perizinan penyelenggaraan event sebagai bagian dari sistem OSS,“ terang Kapolri.

Sementara itu, Presiden menyampaikan, setelah kerja kolaboratif beberapa waktu, layanan digital penyelenggaraan event bisa dirampungkan.

“Ini bukan sistem baru, bukan aplikasi baru, tapi memadukan sistem yang sudah eksisting, yaitu OSS di Kementerian Investasi dan Presisi di Polri. Layanan digital ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Investasi/BKPM, Kementerian PANRB, Polri, dan BUMN. Selama masa uji coba, pemerintah meminta masukan dari pelaku industri event agar layanan digital ini benar-benar berorientasi pada kepuasan pengguna,” ujar Presiden.

Presiden menekankan pentingnya layanan digital perizinan ini dalam menggerakkan perekonomian, potensi industri event sangat besar dalam menggerakkan ekonomi, bisa mencapai triliunan rupiah per tahun, menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Kita juga tahu banyak orang Indonesia yang menonton konser di luar negeri, kalau izin event semakin mudah, kita tidak hanya bisa mencegah devisa lari ke luar negeri, tapi juga dapat menggaet wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia,” tegasnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakapolda Lampung Brigjen Pol Dr. Ahmad Ramadhan SH, M.Si MH, Aspidum Kejati Lampung, Kabag Ops Binda Lampung dan para PJU Polda Lampung. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda