Danramil 08/Barumun Gelar Sosialisasi Cegah Karhutla dan Narkoba

170

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Dalam rangka mencegah dan antisipasi dini kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Koramil 08/Barumun Kodim 0212/TS melakukan sosialisasi karhutla di SMKN 1 Barumun, Palas, Selasa (13/8/2019).

Kegiatan ini menyasar serta diikuti sedikitnya 100 orang pelajar SMKN 1 Barumun beserta majelis guru, dengan harapan timbulnya kesadaran generasi muda untuk serta merta turut menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Koramil 08/Barumun Kapten Inf. Fahri Batubara dalam materinya menuturkan, bahwa sejatinya manusia punya peran penting dalam mengatasi permasalahan lingkungan, yang salah satunya hutan sebagai sumber penyeimbang bumi.

“Sebagai warga negara yang baik dalam pelestarian lingkungan menjadi sangat penting. Oleh karena itu, TNI juga berkewajiban mengedukasi masyarakat maupun kaum generasi muda mengenai hutan bagi keseimbangan lingkungan,” ujar Danramil.

Menurutnya, lokasi yang terbakar di lahan perkebunan pada umumnya dikarenakan masih rendahnya kesadaran masyarakat akan karhutla, belum terorganisir tim terpadu yang mengelola karhutla, serta fasilitas dan anggaran yang terbatas.

“Semua komponen, baik pemerintah dan masyarakat harus bersinergi menangkal bahaya yang timbul akibat pembakaran hutan secara sembarangan. Dengan kegiatan ini, diharapkan generasi muda ikut berperan menjaga hutan dan kelestariannya,” tandas Fahri.

Dikesempatan itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Barumun Peltu Aspan Rangkuti juga mengajak seluruh peserta, terutama para pelajar SMKN 1 Barumun untuk menghindari narkoba jenis dan bentuk apapun.

“Kita sudah nyatakan untuk perang terhadap narkoba, dengan alasan dan bentuk apapun kita hindari narkoba. Karena memang, kita tidak perlu dan tidak membutuhkan barang yang dapat mengahancurkan masa depan tersebut,” tegas Aspan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda