Cerita Seorang Tunanetra Penerima Bedah Rumah Kepada Dansatgas TMMD Kodim Way Kanan

63

WAY KANAN, BERITAANDA – Hendrik (46) seorang yang berkebutuhan khusus (tunanetra), tidak henti-hentinya menyampaikan terima kasih kepada Dansatgas TMMD ke-118 Kodim 0427/Way Kanan Letkol Inf. Charluly Rudi Jatmiko, Rabu (18/10/2023).

Dilahirkan dalam keadaan sehat dan tanpa kekurangan apapun, merupakan doa dan harapan bagi setiap orang. Namun, terkadang sang pencipta memberikan sebuah ujian berupa kekurangan.

Keadaan ini bukan berarti orang itu harus berkecil hati. Hal tersebut justru harus dijadikan sebuah semangat untuk menjalani hidup.

Kisah itulah yang ditunjukkan Hendrik sebagai tunanetra, tetap semangat dan bersyukur jalani hidup bersama keluarga.

Buah dari kesabarannya, kini rumahnya mendapat bantuan untuk direhab. Pasalnya, rumahnya yang beralamat di Dusun 1 Kampung Gunung Katun Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan, yang sudah reot itu, mendapat bantuan Bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dalam program Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-118 oleh Kodim 0427/Way Kanan.

Dihadapan Dansatgas TMMD, Hendrik bercerita kegiatannya yang sehari-harinya hanya berprofesi sebagai tukang pijat.

Menurut Hendrik, penghasilan dari upah pijat dan istri sebagai buruh tani ini, tidak bisa memperbaiki rumahnya. Karena hanya untuk memenuhi kebutuhannya hidup sehari-hari, itupun masih jauh dari cukup.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak Pak Komandan, rumah kami dibangun, semoga rezekinya makin lancar, sehat selalu, dan semoga dibalas oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” katanya dihadapan Letkol Inf. Charluly Rudi Jatmiko.

Asnita (40) yang merupakan istrinya, mengatakan bahwa suaminya tidak dapat bekerja lagi. Bapak hanya beraktivitas di rumah saja, sebelumnya jadi buruh tani.

“Namun saat ini hanya sebagai tukang pijat apabila ada warga sekitar yang keseleo atau capek,” tutur istrinya dengan mata berkaca-kaca, bahkan tetangganya yang mendengar tak kuasa menahan air matanya.

“Alhamdulillah ya Pak Hendrik dan ibu Asnita, rumahnya sudah hampir rampung, besok kita maksimalkan lagi, supaya rumah bapak beserta ibu segera ditempati, kami akan berusaha buat senyaman mungkin,” ucap Letkol Inf Charluly Rudi Jatmiko penuh haru.

Charluly yang merupakan lulusan Akmil 2002 ini menambahkan, TNI khususnya Kodim 0427/Way Kanan akan terus berupaya membantu dan hadir ketika ada warga yang mengalami kesulitan.

“Karena TNI lahir dari rakyat dan untuk rakyat,” tutup Dansatgas TMMD ke-118. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda