Cendra: Stok BBM di Lebong Masih Aman

0

LEBONG-BENGKULU, BERITAANDA – Menyikapi pemberitaan media terkait adanya antrian di SPBU 24391 Muara Aman, pengawas SPBU Cendra Irawan menyampaikan bahwa antrian ini memang biasanya terjadi di hari pasar. Dan hal tersebut adalah wajar, karena cuma ada satu SPBU di Kabupaten Lebong.

“Sampai saat ini stok BBM untuk Kabupaten Lebong masih aman dan tidak ada kelangkaan, karena tingkat konsumsi BBM masyarakat masih normal. Untuk Pertalite yakni 11-15 ton per hari, Premium 8 ton per hari, Pertamax 8 ton per 2-3 hari,” ungkap Cendra, Jumat (26/5/2017).

Ditambahkannya, untuk saat ini belum ada peningkatan permintaan BBM yang signifikan dari masyarakat pada jenis Premium, Pertalite, dan Pertamax.

Peningkatan biasanya terjadi pada H-3 atau H-2 lebaran. Pada tahun sebelumnya, untuk Premium jumlah konsumsi masyarakat mencapai 16 ton per hari. Hal ini juga disebabkan karena pada saat itu belum ada Pertalite dan masyarakat juga belum banyak yang menggunakan Pertamax.

“Untuk saat ini yang mengalami peningkatan permintaan adalah Solar. Hal ini karena Solar digunakan masyarakat sebagai bahan bakar mesin penggilingan padi. Karena saat ini sudah memasuki musim panen, jadi permintaan terhadap Solar ini juga naik,” imbuh Cendra.

Biasanya konsumsi solar masyarakat adalah sekitar 4-5 ton per hari. Untuk saat ini naik menjadi 5-6 ton per hari.

“Adapun terkait antisipasi peningkatan jumlah permintaan masyarakat menjelang lebaran nanti, dari pihak Pertamina biasanya telah membentuk satgas yang akan mengatur pengiriman. Selain itu, penambahan tangki juga adalah wewenang Pertamina. Stok untuk saat ini di Kabupaten Lebong masih aman. Belum ada kekurangan dan lonjakan antrian,” tutup Cendra. (Andi)

Bagaimana Menurut Anda