Cegah Radikal dan Intoleran, FKUB Sekadau Gelar Dialog Lintas Agama

140
Foto bersama Wakil Bupati Sekadau dan peserta dialog lintas agama FKUB Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADU-KALBAR, BERITAANDA – Sejumlah tokoh lintas agama, adat, dan ormas di Kabupaten Sekadau Kalbar sepakat untuk menjaga situasi kondusif di tengah berbagai isu nasional yang berkembang saat ini.

Kesepakatan ini dicapai dalam dialog lintas agama yang diselenggarakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sekadau, Kamis (22/8/2019), dilaksanakan di aula Gedung Asrama Putri dan dibuka Wakil Bupati Sekadau Aloysius SH.M.Si.

“Forum ini penting, karena para tokoh bisa memberikan pemahaman dan mediator dalam mempersatukan ormas, suku, dan agama di Kabupaten Sekadau,” ungkap Wabup Aloysius.

Wabup berharap antar suku, agama, dan ormas di Kabupaten Sekadau saling berkoordinasi, saling menjaga dan saling mengisi.

“Situasi yang aman serta kondusif akan menjadi penentu pembangunan di Kabupaten Sekadau berjalan dengan baik,” tukas wabup.

Wabup juga meminta dialog ini melahirkan deklarasi bersama untuk menjaga keberagamanan di Kabupaten Sekadau, serta dapat disosialisasikan kepada masyarakat.

Ketua FKUB Kabupaten Sekadau Paulus Lion BA menegaskan, dialog ini sebagai wadah komunikasi antar umat beragama, suku dan ormas di masyarakat.

“Dialog-dialog oleh FKUB akan terus ditingkatkan, dalam rangka merekat dan ajang silaturahmi lintas agama, suku, dan ormas” kata Lion.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan paparan oleh IPTU Masdar selaku Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Bimas) Polres Sekadau, serta dialog dan tanya jawab.

Diakhir kegiatan, diadakan pengucapan ikrar kesepakatan bersama FKUB Kabupaten Sekadau dengan isi ikrar, ‘kami FKUB Kabupaten Sekadau bersama tokoh masyarakat, pemuda, dan ormas bersama mencegah intoleransi dan radikalisme demi mewujudkan Kabupaten Sekadau aman dan damai’. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda