Cegah Paham Radikal Untuk Pelajar, Polres Sekadau Gelar FGD

0

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kepolisian Resor Sekadau melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas), Kamis (6/12/2018) pagi, menggelar Focus Group Discusion (FGD) bersama pelajar dan tokoh masyarakat serta agama, dengan mengangkat tema ‘Mencegah Masuknya Paham Radikalisme di Kalangan Pelajar’.

Turut hadir dalam kegiatan itu antara lain IPTU Masdar selaku Kasat Binmas Polres Sekadau, Kadis Pendidikan Losianus S.Pd.M.Pd, Kasubbag TU Kemenag Suprapto S.Pdi, Ketua MUI Kyai Mudlar S.Pdi, para tokoh dan pelajar.

Kapolres Sekadau melalui Kasat Binmas IPTU Masdar mengatakan, FGD sebagai ajang silaturahmi dan tatap muka dalam rangka membahas isu-isu terkini, yaitu pencegahan paham radikalisme serta sosialisasi pemilu 2019 yang aman, damai, sejuk dan kondusif.

“Narasumber dari berbagai unsur, yaitu Kementerian Agama, tokoh masyarakat, dan Dinas Pendidikan yang diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi para pelajar untuk menangkal radikalisme serta bersikap proaktif dalam pemilu 2019,” papar Masdar.

Dijelaskan dia, bahwa Indonesia akan menghadapi kegiatan besar yaitu pileg dan pilpres. Dengan banyaknya para pelajar yang menjadi pemilih pemula, agar dapat berpartisipasi dalam menciptakan kesuksesan terhadap pemilu tersebut.

“Agar para tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur lainnya dapat memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai penggalakan sikap saling mendukung dalam pelaksanaan pemilu 2019 yang aman, damai, sejuk dan kondusif,” pintanya.

Kepala Dinas Pendidikan Sekadau Losianus menyatakan, untuk menjadi seorang yang kebal dari paham radikalisme, terdapat beberapa hal yang perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Menjaga diri sendiri dari pengaruh sosial media, televisi, dan kejadian yang insidentil,” terang dia.

Dikatakan Losianus, di usia remaja harus pandai mencari dan menjadikan seseorang sebagai panutan yang dapat dijadikan contoh dari segi sikap dan keteladanannya.

Sementara itu peserta kegiatan ini terdiri dari pelajar SMA/SMK/MA di Kabupaten Sekadau dengan jumlah sekitar 100 peserta, dan didampingi guru pendamping dari masing-masing sekolah.

Di akhir kegiatan diadakan deklarasi damai pemilu 2019 yang dilakukan oleh pemilih pemula, para narasumber, dan dewan guru. (TIM)

Bagaimana Menurut Anda