Camat Angkola Timur Apresiasi Program KMMK

114

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Camat Angkola Timur, Parwis Rizky Daulay mengapresiasi langkah Kelompok Muda Mandiri dan Kreatif (KMMK) Padangsidimpuan-Tapanuli Selatan (Tapsel), dalam hal pembinaan generasi muda di Angkola Timur.

“Program peternakan kambing KMMK dengan memberdayakan Naposo Nauli Bulung (NNB) sebagai pelakunya patut diapresiasi,” kata Parwis didampingi Lurah Pasar Pargarutan, Angkola Timur, Tapsel, A. Yunansyah Lubis, saat hadir dan meresmikan program tersebut di kelurahan setempat, baru-baru ini.

Dia berharap, program yang diinisiasi KMMK dengan menggandeng generasi muda tersebut dapat berjalan sukses dan mendatangkan manfaat. Parwis juga meyakini sepenuhnya program itu akan menjadi percontohan dan sumber inspirasi bagi banyak orang, masyarakat Kecamatan Angkola Timur utamanya.

Sementara itu, Direktur KMMK Irham Bakti Pasaribu menuturkan, program peternakan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan yang diadakan pada bulan Februari lalu. Tujuannya, selain mencari embrio usahawan muda baru, juga terciptanya lapangan kerja.

“Program peternakan kambing KMMK ini sengaja menyasar generasi muda (NNB) dengan harapan semangat jiwa berwirausaha mereka akan muncul,” kata Irham seraya menyebut, peternakan dilakukan dengan pola sistem kambing wakaf dan kambing titipan berbasis komitmen.

Kambing wakaf berarti sumbangan dari berbagai pihak kepada KMMK sebagai penanggung jawab pengelolaan ternak. Komitmennya, sebahagian hasil atau keuntungan yang diperoleh nantinya akan dibagikan kepada anak yatim, fakir miskin, dan rumah ibadah.

Sementara untuk jenis kambing titipan, yaitu kambing yang dititipkan investor kepada KMMK. Komitmennya, antara penitip dengan pengelola berbagi hasil plus sebagian hasilnya juga diberikan kepada anak yatim, fakir miskin, serta rumah ibadah.

“Tahap permulaan, KMMK telah memulai dengan pembuatan kandang pertama di Lingkungan III Gunung Manaon, Kelurahan Pasar Pargarutan, Angkola Timur. Di lokasi ini ada sebanyak 12 ekor kambing. Rinciannya, 10 kambing wakaf dan 2 kambing titipan,” jelas Irham.

Untuk jenis kambing yang diternakkan, KMMK memilih jenis domba waringin, ersip gembel, dan garut. PT. Agincourt Resources dan NSHE merupakan pihak investor pemberi bantuan hewan ternak tersebut, ditambah perusahaan swasta atau pihak-pihak lainnya.

“Kita menargetkan, minimal nantinya KMMK mampu mendirikan 20 kandang. Karenanya, untuk bisa mewujudkan dan mensukseskan program itu, tentu sekali kita berharap dukungan penuh berbagai pihak. Baik itu pemerintah, perusahaan, maupun dermawan,” pungkas Irham. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda