Bupati Tapsel Hadiri Pisah Sambut Camat Angkola Selatan

229

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pisah sambut Camat Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), dari pejabat lama ke pejabat baru, dilaksanakan di halaman kantor camat setempat, Selasa (11/6/2019). Acara juga dirangkaikan dengan halal bihalal.

Pejabat lama Camat Angkola Selatan, Zamhir, yang kini pindah tugas menjadi Sekretaris Dinas Perikanan Tapsel, akan digantikan oleh pejabat baru, Dody Kurniawan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Pencatatan Sipil.

Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu, yang turut menghadiri acara memulai sambutannya dengan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah, minal aidzin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin kepada jajaran Pemerintah Kecamatan Angkola Selatan.

“Tidak terasa saya sudah secara formal menjabat bupati kurang lebih delapan tahun. Dengan demikian, secara bersama bahwa Angkola Selatan ini dari tahun ke tahun telah dibangun walaupun semuanya belum tuntas seratus persen,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, kata Syahrul, dirinya banyak mengetahui atas segala peran mantan pejabat di Kecamatan Angkola Selatan. Seperti Hamdy, Amros, Zamhir dan Lingga yang telah berperan besar dalam memajukan serta mensukseskan pembangunan, baik dari segi sosial maupun keagamaan.

“Terima kasih atas pengabdian saudara Zamhir selama 22 tahun, begitu juga saudara Lingga selama 13 tahun di Kecamatan Angkola Selatan. Atas dedikasi keduanya selama ini, semoga dapat semakin menguatkan rasa persatuan dan kesatuan,” katanya.

Menurut Syahrul, pengabdian dan jasa baik keduanya selama ini niscaya akan menjadi bagian dari amal ibadah, dan kedepan semakin sukses melaksanakan tugas ditempat baru. Kepada camat baru, Syahrul meminta bersungguh-sungguh mengemban amanah tersebut.

“Sebagai pemimpin, saudara harus mampu membawa perubahan ke arah yang lebih baik dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di wilayah yang saudara pimpin,” pesan Bupati Syahrul kepada Dody Kurniawan.

Jabatan camat itu merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan tugas-tugas umum pemerintahan serta sebagian urusan otonomi yang dilimpahkan oleh bupati untuk dilaksanakan di wilayah kecamatan. Camat sebagai top leader di kecamatan hendaknya mampu menjadi pembimbing dan pembina bagi aparatur pemerintah kecamatan.

Tujuannya, masih kata Syahrul, guna mengoptimalkan peran dan kinerja dalam upaya pemenuhan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, agar tercipta keserasian dalam menjalankan setiap program kerja, perlu dibangun komunikasi yang baik antar semua pihak, baik kepala desa, lurah maupun instansi vertikal.

“Mengenai pembangunan yang ada di Angkola Selatan rasanya sudah cukup lumayan bagus seperti pembangunan jalan hingga menuju Roncitan sudah di hotmik. Demikian juga jembatan di Aek Natas, telah terbangun. Sedangkan untuk peningkatan jalan dari pintu gerbang masuk menuju kantor camat ini, di tahun 2020 akan kita hotmik,” pungkasnya.

Disisi lain, Zamhir, SE yang sedari tahun 1996 bertugas mengaku telah melalui begitu banyak kenangan bersama forkopimka dan masyarakat setempat, menyempatkan diri mengucapkan permintaan maaf selama kepemimpinannya di Kecamatan Angkola Selatan.

Sementara Dody Kurniawan menegaskan, siap menjalankan tugas sembari bermitra dengan forkopimka, kepala puskesmas, staf kecamatan, UPTD, kades dan perangkat desa, lurah serta masyarakat. Sebab, sebagai camat dirinya tidak bisa bekerja sendiri.

“Saya akan melanjutkan program kerja camat lama dengan sebaik mungkin. Tentunya dengan adanya dukungan dan bimbingan terhadap saya dalam menjalankan tugas saya sebagai camat yang baru,” tegasnya.

Dia pun mengaku, sudah menjadi kewajibannya untuk melanjutkan program camat sebelumnya jika itu bernilai baik dan positif bagi masyarakat. Namun, bila ada yang belum sempurna, ia juga mengaku siap melakukan perbaikan.

Turut hadir dalam acara itu, Kadis Naker Tapsel Amros Karang Matua, Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan, Kadis PMD M Yusuf, Ketua TP. PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul M Pasaribu, Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar, forkopimka, MUI kecamatan, IPHI, pimpinan Ponpes Al-Abror, OKP, kades/lurah se-Kecamatan Angkola Selatan, BKMT, tokoh adat, toga, tomas dan masyarakat kecamatan setempat. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda