Bupati Syahrul: Tapsel, Sekeping Surga di Bumi Indonesia

296

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Tapsel merupakan sekeping surga yang ada di bumi Indonesia. Karenanya, mari jaga dan pelihara kekayaan itu, dengan cara mengelola alamnya dengan baik tanpa melupakan aspek lingkungan agar kelak bisa di wariskan kepada anak cucu kita.

Salah satu anugerah kepingan surga itu adalah, adanya varietas kopi primadona dari daerah Tapanuli Selatan (Tapsel). Yang menurut masyarakat Indonesia dan dunia, khususnya di Sumatera dikenal dengan nama kopi Mandailing.

“Untuk itu, bergelut di sentra perkopian merupakan bidang usaha yang sangat menjanjikan,” ungkap Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu, pada saat meninjau lomba meracik kopi Arabika, di alun-alun Pasar Sipirok, Ahad (10/11/2019).

Perlombaan ini merupakan rangkaian memeriahkan hari jadi Tapsel ke-69. Dewan juri terdiri dari Andi Batubara dari Enjoy Kopi, Andi dari Identitas Kopi, dan Arif Kurniawan yang juga aktif di North Sumatera Association sebagai Faunder Copas Kopi di Tanjung Morawa.

Pada kesempatan itu, Syahrul berpesan agar senantiasa menjaga anugerah yang dititipkan Tuhan. Lewat kopi, tutur dia, jika dikelola dengan baik akan dapat memberi kehidupan di masa mendatang, yaitu anak cucu yang ada di Tapsel.

Sebelumnya Kadis Perdagangan Tapsel, Ahmad Raja Nasution menjelaskan, lomba ini diikuti oleh 54 ahli yang sudah memperoleh juara di daerah masing-masing, seperti dari Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Aceh.

“Selain lomba meracik kopi arabika, kegiatan bakti ini juga dilakukan dengan pameran kopi serta minum kopi gratis,” jelas Ahmad.

Turut hadir dalam acara Ketua DPRD Tapsel, Forkopimda, Anggota DPRD, para Asisten, pimpinan OPD, Kabag, Ketua PKK Kabupaten, Ketua BKMT, DWP, camat se-Pemkab Tapsel, OKP, Ormas, dan tamu lainnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda