Bupati Muara Enim Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesannya

0

MUARA ENIM, BERITAANDA – Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didampingi Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH melakukan giat upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2018, bertempat di halaman kantor pemerintah kabupaten setempat, Senin (1/10/2018).

Dalam kegiatan tersebut diikuti ratusan peserta dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Limnas, Kopri, serta pelajar SMP dan SMA.

Acara diawali dengan pembacaan teks Pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh Wakil Ketua II DPRD Muara Enim, Dwi Windarti SH M Hum.

Dalam sambutannya, Ahmad Yani mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila adalah hari dimana negara Indonesia terselamatkan dari pemberontakan yang dilakukan oleh kalangan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Peristiwa gerakan 30 September 1965 oleh PKI tersebut menyebabkan jatuhnya korban dari kalangan militer.

“Tokoh-tokoh tersebut ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi Indonesia pada 5 Oktober 1965 (pada perkembangannya pemerintah RI menetapkan tokoh-tokoh tersebut sebagai pahlawan nasional pada tahun 2009),” ujar Yani saat membacakan pidatonya.

Dilanjutkan Yani, para pahlawan tersebut diantaranya adalah Brigadir Polisi Karel Susult Tubun, Letnan Jenderal A. Yani, Mayjen R. Suprapto, Mayjen S. Parman, Letnan Satu Pire Andreas Tendean, Brigjen D.I. Panjaitan, Brigjen Sutoyo, dan Mayjen Haryono, serta banyak yang menjadi korban lainnya.

“Banyak yang lain, yang juga menjadi korban keganasan PKI,” tambahnya.

Dengan mengusung tema ‘Pancasila Sebagai Landasan Kerja Mencapai Prestasi Pancasila’, Yani mengajak lapisan masyarakat untuk menjadikan kenangan pahit masa lalu sebagai pedoman dan dapat mengukir prestasi kedepannya.

“Ayo kita sama-sama berprestasi, dan jangan lupakan masa kelam kita dahulu,” ajaknya. (Angga/ADV)

Bagaimana Menurut Anda