Bupati dan Wabup Sergai Bersama OPD Sholat Jumat Perdana di Masjid Agung

109

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Sergai Ir. H Soekirman dan Wakil Bupati H. Darma Wijaya beserta OPD maupun masyarakat sholat Jumat perdana di Masjid Agung yang berada di seputaran pintu tol Kecamataan Teluk Mengkudu, Jumat (14/2/2020).

Berdasarkan surat edaran Bupati Sergai melalui Sekdakab Sergai dengan nomor 18.3/005/676/2020, diimbau kepada masing-masing Kepala OPD serta camat untuk mengajak personelnya melaksanakan sholat perdana di Masjid Agung.

Bupati Soekirman mengucapkan rasa syukur atas karunia Allah SWT, bisa melaksanakan sholat Jumat berjamaah di Masjid Agung kebanggaan kita ini.

“Syukur Alhamdulillah, hari ini Masjid Agung Tanah Bertuah Negeri Beradat resmi dipakai secara umum bagi umat muslim yang hendak menjalankan ibadah sholat lima waktu. Pemkab Sergai berharap, masjid ini dapat dimakmurkan serta menjadi pusat peradaban umat muslim di Sergai khususnya,” jelas bupati.

Bangunan masjid yang berdiri megah tepat di gerbang pintu tol Teluk Mengkudu ini memiliki tiga lantai. Pada lantai bawah di tempati pengurus masjid serta pengurus kelembagaan keislaman lainnya, dan lantai kedua serta tiga merupakan tempat melaksanakan ibadah sholat.

Masjid ini akan dijadikan sebagai pusat wisata religi, diaplikasikan melalui tower masjid yang tepat berada di pinggir jalan. Tower tersebut nantinya dapat dipergunakan untuk memandang kawasan masjid hingga pesisir pantai melalui ketinggian menara.

Sementara Wabup Darma Wijaya mengatakan, selain menjadi pusat wisata religi, Masjid Agung Sergai ini akan diproyeksikan menjadi pusat kuliner dan kerajinan lokal atau hasil dari produksi UMKM Sergai yang akan dipasarkan di sekitar masjid, dengan membangun beberapa tempat khusus yang sudah ditentukan.

“Dalam hal wisata religi, Pemkab Sergai akan mendapatkan pesawat terbang. Namun tidak dipergunakan untuk terbang, melainkan akan dijadikan sebagai wisata religi saja. Seperti sebagai tempat pembelajaran bagi masyarakat muslim bagaimana cara bertayamum dan sholat yang benar di dalam pesawat, serta akan dijadikan untuk simulasi pelaksanaan ibadah haji,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda