Bupati Ahmad Yani Ajak Anggota Pramuka Cintai Produk Lokal

68

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melaksanakan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke-58, bertempat di halaman pemkab setempat, Selasa (20/8/2019).

Hadir pada acara ini Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani MM, Kapolres Muara Enim AKBP Afner Juwono, Sekda Ir. H. Hasanuddin, Dandim 0404 Muara Enim, Forkompinda, Kwaran se-Kwarcab Muara Enim, OKP dan ormas di Kabupaten Muara Enim.

Dalam kesempatan ini, bupati menjelaskan, hari pramuka kali ini mengusung tema ‘bersama gerakan pramuka siap sedia membangun keutuhan NKRI’. Tema ini hadir di tengah-tengah keperihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia.

“Untuk itu dalam rangka hari gerakan pramuka agar kiranya semua dapat memperhatikan merebaknya korupsi, kolusi, dan nepotisme, Kemudian terpaparnya radikalisme dan terorisme, serta maraknya penyalahgunaan narkoba. Itu merupakan kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini,” tutur Yani.

”Oleh karena itu pada kesempatan ini saya mengajak segenap pengurus kwartir para pelatih dan pembina serta semua anggota pramuka, senantiasa menjadi pioner dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa (extra ordinary crime),” tambah dia.

Selain itu, kata dia, globalisasi yang mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif. Dengan globalisasi juga memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar manusia, termasuk kebutuhan pangan. Namun disisi lain, dapat mengancam keberlangsungan nasib para petani, karena murahnya dan mudahnya bahan pangan dari negara lain masuk ke pasar Indonesia.

”Saat ini perlu mencanangkan suatu gerakan perlindungan bagi petani, dengan lebih banyak mengkonsumsi produk pertanian lokal. Saya meminta setiap anggota pramuka bertekad untuk sejauh mungkin tidak mengkonsumsi produk pertanian dan pangan impor, dan beralih pada produk lokal dalam setiap kegiatan pramuka dan keseharian kita bersama,” paparnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda