Buntut Dugaan Kecelakaan Kerja Karyawan PT OKI Pulp, DPRD OKI Siap Panggil Pihak Perusahaan

85
Ketua Komisi III DPRD OKI Febriansyah Wardana

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Terkait terjadinya dugaan kecelakaan kerja yang dialami salah satu karyawan PT OKI Pulp and Papers Mills, Komisi III DPRD Ogan Komering Ilir (OKI) siap melakukan pemanggilan pihak perusahaan.

Menurut Ketua Komisi III DPRD OKI Febriansyah Wardana, pihaknya tentu akan mempelajari penyebab peristiwa tersebut.

“Kami akan memanggil atau ke sana untuk mengetahui hal itu lebih dalam. Apakah benar ada kesalahan dari pihak perusahaan atau human error yang dilakukan korban itu sendiri,” kata Febri saat diwawancarai, Jumat (17/5/2024).

Febri mengatakan, jika hal itu disebabkan karena kesalahan korban, maka pihak perusahaan harus memberikan santunan yang layak, mulai dari BPJS Ketenagakerjaan maupun santunan-santunan lain yang menjadi hak korban sebagai karyawan. Tapi, jika memang ditemukan kesalahan prosedur atau SOP perusahaan, maka Komisi III akan memanggil dan membuatkan rekomendasi yang terbaik.

“Nanti juga kita akan melibatkan pihak DLH OKI, agar bisa di-sounding terkait pengelolaan limbahnya. Secepatnya kami akan memanggil, bila perlu kami akan mengadakan kunjungan ke sana,” ucap Febri.

Hal senada juga disampaikan Pj. Sekda OKI M. Refly. Kata dia, melalui Disnakertrans OKI, pemkab siap bekerja sama dengan Komisi III DPRD OKI untuk melakukan investigasi ke PT OKI Pulp and Papers Mills.

“Kami juga belum mendapat informasi secara utuh, untuk itu melalui DLH dan Disnakertrans OKI akan melakukan pendalaman informasi ke perusahaan itu,” kata Refly.

Refly menegaskan, jika ada kekeliruan secara amdal dan sebagainya, pihaknya bersama Komisi III DPRD OKI akan melakukan koreksi.

“Kita harus bersama-sama memperhatikan dan mempertimbangkan soal tenaga kerja dan lingkungan. Tentu harus melibatkan pihak kepolisian untuk menggali informasi yang benar terkait ini,” tegas Refly.

Sementara, pihak PT OKI Pulp and Papers Mills membenarkan adanya peristiwa yang menewaskan karyawannya bernama Ari Prabowo.

“Kejadiannya saat korban akan menutup valve distribusi utama pada Jumat kemarin sekitar pukul 08.47 WIB,” kata Kuasa Direksi PT OKI Pulp and Papers Mills, Gadang Hartawan, Sabtu (18/5/2024).

Gadang mengatakan, saat ini pihaknya sedang bekerja sama dengan pihak berwenang serta lembaga terkait untuk mendapatkan informasi tentang faktor-faktor di balik insiden kemarin.

“Kami juga terus memberikan dukungan dalam proses investigasi lanjutan,” ujar dia.

Selaku kuasa direksi, pihaknya menyatakan bela sungkawa kepada keluarga korban.

“Kami akan memperhatikan bahwa keluarga korban mendapatkan perhatian penuh terkait musibah yang dialami ini,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda