Brigif 4 Mar/BS Resmi Menutup Latihan Gladi Posko I Operasi Pertahanan Pantai Harimau Sakti

146

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Komandan Brigade Infanteri 4 Marinir/BS Kolonel Marinir Ahmad Fajar secara resmi menutup latihan gladi posko I operasi pertahanan Pantai Harimau Sumatera tahun 2019 di Bapra Brigif 4 Mar/BS Piabung Padang Cermin Pesawaran Provinsi Lampung, Senin (20/05/2019).

Kegiatan yang telah berlangsung kurang lebih 8 (delapan) hari ini, ditutup dengan pelepasan tanda peserta latihan gladi posko I operasi pertahanan Pantai Harimau Sumatera oleh Danbrigif 4 Mar/BS.

Dalam amanatnya, Danbrigif 4 Mar/BS menyampaikan bahwa latihan ini merupakan salah satu realisasi dari konsep yang dikembangkan oleh Korps Marinir untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan profesionalisme para perwiranya, yang pada dasarnya merupakan jawaban realistis terhadap tuntunan tugas kedepan yang semakin kompleks serta dinamis di tengah-tengah arus perubahan yang tidak menentu dan berjalan dengan cepat dalam struktur tata kehidupan bernegara dan berbangsa saat ini.

“Saya berharap agar apa yang diperoleh dalam latihan gladi posko ini dapat menjadi bekal yang sangat berarti di masa yang akan datang. Sedangkan keberhasilan di lapangan, sangat tergantung kepada kapabilitas serta daya inovasi dan kreasi Komandan Satlak dalam mengembangkan pola pembinaan, fungsi dan peran di satuannya masing-masing,” kata dia.

Mengakhiri amanatnya, Danbrigif menyampaikan beberapa penekanan agar dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas nantinya.

Pertama, pahami dan hayati wewenang serta tanggung jawab masing-masing agar tidak menjadi tindakan yang melampaui batas kewenangan dan disiplin ilmu. Kedua, aplikasikan sifat-sifat kepemimpinan lapangan yang arif dan bijaksana, serta selalu sadar bahwa dirinya merupakan figur panutan lingkungan, karena pada dasarnya masing-masing peserta adalah pemimpin bagi dirinya. Ketiga, kembangkan dan cerna lebih lanjut materi yang telah diterima ke dalam konsep-konsep sesuai dengan kondisi di lingkungan masing-masing. Keempat, tampilkan kinerja yang optimal dalam melaksanakan tugas tetap berpedoman kepada jati diri sebagai prajurit Korps Marinir. Kelima, lakukan yang terbaik sekecil apapun peran kita di masing-masing satuan, karena akan membawa dampak yang sangat berarti bagi keberhasilan Brigif 4 Marinir/BS dalam mengemban tugas.

Hadir dalam acara penutupan gladi posko I tersebut Wadan Brigif 4 Mar/BS Letkol Marinir Datuk Sinaga, para perwira staf, para Dansatlak dan para perwira jajaran Brigif 4 Mar/BS. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda