BKIPM Jambi dan Avsec Cargo Berhasil Gagalkan Penyelundupan Anak Buaya

504

JAMBI, BERITAANDA – Menurut Mario Yudistira selaku PPNS BKIPM Jambi, berkat kerjasama antara BKIPM Jambi dan Avsec Cargo Bandara Sultan Thaha Jambi, pihaknya berhasil menggagalkan upaya pengiriman 4 (empat) ekor anak buaya muara yang tidak dilengkapi dokumen kesehatan ikan.

“Upaya pengiriman anak buaya ini dikemas dalam sebuah kotak kardus dan dikirimkan dengan menggunakan jasa pengriman ekspedisi TIKI Cabang Utama Jambi,” jelasnya, Sabtu (19/1/2019).

“Berdasarkan dengan keterangan pada resi kemasan tersebut adalah kain batik, untuk identitas pengirim (nama, alamat dan nomor kontak tidak jelas). Sementara barang kemasan tersebut akan dikirimkan dengan tujuan Sulawesi Selatan (Makasar) melalui Cargo Bandara Sultan Thaha Jambi,” terangnya lagi.

Lanjut dia, pada saat pemeriksaan seluruh barang kiriman ekspedisi tersebut, ada 1 (satu) buah kemasan yang isi barangnya terlihat menyerupai reptil dan bergerak yang tertera pada layar monitor X-ray.

Kemudian atas dasar kecurigaan tersebut, petugas Avsec dan petugas karantina ikan yang sedang melaksanakan piket di cargo Bandara Sultan Thaha Jambi untuk bersama-sama melihat isi barang kemasan itu melalui layar monitor X-ray.

“Setelah dibuka isinya adalah 4 ekor anak buaya muara (crocodylus porosus) dengan berat rata-rara 146 gram, dan panjang 45 cm,” ucapnya.

Sebagai tindakan lebih lanjut pihak BKIPM Jambi, saat ini proses penanganan kasus tersebut masih dalam tahap pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket) yang dilaksanakan oleh PPNS Stasiun KIPM Jambi. Terhadap barang bukti tersebut, nantinya akan diserah terimakan kepada pihak BKSDA Jambi, yang selanjutnya akan dilepasliarkan kembali ke habitatnya. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda