Berkomitmen Wujudkan Pengelolaan Keuangan yang Baik, Pemprov Lampung Raih WTP ke-10 di 2024

13

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Pj. Gubernur Lampung Samsudin menghadiri acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun 2023 dan Ikhtiar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II tahun 2023, di Jakarta Convention Center, Senin (8/7/2024).

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Lampung telah menerima Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI sebanyak 10 kali berturut-turut sejak tahun 2015 atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung tahun 2023 pada rapat paripurna istimewa DPRD Provinsi Lampung, Rabu (8/5/2024) silam.

“Alhamdulillah untuk Provinsi Lampung saat ini telah diberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-10 di tahun 2024 ini secara berturut-turut, dan pihak BPK RI memberikan apresiasi terhadap Provinsi Lampung yang tertib dalam menyampaikan hasil tindak lanjut LHP BPK setiap tahunnya,” ucap Pj. Gubernur Samsudin.

Dia menyampaikan apresiasi serta mengajak kepada seluruh Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung bersama jajaran untuk terus berupaya meningkatkan kinerja.

“Terimakasih kepada pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan jajarannya yang telah melakukan kinerja dan akuntabilitas dengan baik. Mari kita bersama untuk melanjutkan yang sudah baik ini agar dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan kedepannya,” ujarnya.

Dalam acara yang digelar di Jakarta Convention Center tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang telah melaksanakan tugas pemeriksaan keuangan negara dan terus meningkatkan profesionalismenya dalam fungsi pemeriksaan.

Presiden juga menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh jajaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah atas predikat WTP dalam laporan keuangan tahun 2023.

“WTP bukan prestasi, tapi WTP adalah kewajiban kita semuanya, kewajiban menggunakan APBN dan APBD secara baik dan kewajiban mempertanggung jawabkannya secara baik pula,” pesannya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda