Berawal dari Pistol Mainan, 2 Pria Ini Langsung Bisa Memproduksi Senpira

0

MUARA ENIM, BERITAANDA – Tim Rajawali Polres Muara Enim berhasil menangkap Husin Almansyah Alias Usin (48), warga Desa Gunung Menang Rt 00 Rw 003 Kecamatan Penukal Kabupaten PALI beserta rekannya M. Asep Hasibuan (42) warga Babat Kecamatan Penukal Kabupaten PALI setelah membuat senjata api rakitan (senpira).

Dari informasi yang dihimpun, Husin dan Asep memproduksi senpira ini dilakukannya sejak empat tahun terakhir yang berawal dari membeli sebuah pistol mainan yang dijual di pasar.

“Saya belajar sendiri melihat dari pistol mainan yang dijual di pasar, yang kemudiaan saya contoh dan mengambil sparepart kendaraan roda dua dan empat yang cocok dengan alat-alat yang akan digunakan untuk membuat pistol ini. Kalau memproduksi senpira ini saya lakukan sejak empat tahun terakhir, dan dijual satu pucuk senjata ini seharga Rp3.500.000,” terang Usin saat diwawancarai awak media saat melakukan siaran pers oleh Kapolres Muara Enim AKBP. Afner Yuwono di depan Satreskrim Polres Muara Enim, Selasa (6/11/2018).

Kapolres Muara Enim yang didampingi Kabag Ops Irwan Andeta dan Kasatreskrim menerangkan pada hari Senin (5/11/2018) kemarin, Tim Rajawali Polres Muara Enim mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa ada seorang laki-laki yang sering melakukan transaksi jual beli senpi rakitan.

Berdasarkan laporan warga tersebut, tim melakukan penyelidikan atas kebenaran laporan itu dan mengumpulkan informasi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, para pelaku akan dikenakan Undang-Undang Darurat No.12 Tahun 1951 atas kepemilikan senjata api.

Selain melakukan press release ungkap kasus senpira, Kapolres Muara Enim juga merilis pelaku begal terhadap salah satu wartawan yang bertugas di Kabupaten PALI, dengan tersangkanya Sulaiman bin Nurdin (32) warga Desa Kerambah Besi, Karta Dewa Kecamatan Penukal Kabupaten PALI.

Sedangkan satu kasus lagi, yaitu kasus penggelapan dengan pelaku Anzar bin Suparhadi (30) warga Ddesa Lingga Belakang Cendikia Lorong Melati Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim.

Pelaku ini ditangkap atas tindak pidana penipuan dengan berpura-pura sebagai anggota polisi untuk meminjam sepeda motor milik korbannya, yaitu tukang ojek, dengan alasan menjemput temannya ditempat lain.

Penangkapan terhadap pelaku ini atas penyelidikan petugas kepolisiaan di tiga TKP berbeda, yaitu CCTV RS. JAM. Rabain Muara Enim, Mapolres Muara Enim, dan Kantor Disdukcapil Muara Enim yang didapati pelaku yang sama, sehingga petugas berhasil mengamankan pelaku beserta barang bukti. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda